Bagian Bagian Hot Plate dan Fungsinya Stirrer Gambar Alat Laboratorium

Bagian Bagian Hot Plate dan Fungsinya Stirrer Gambar Alat Laboratorium

Bagian bagian hot plate dan fungsinya sebaiknya dipahami oleh laboran, mahasiswa, dosen dan peneliti yang bekerja di laboratorium. Apa itu hot plate stirrer? Baca pengertian hot plate laboratorium.

Ada 2 jenis hot plate stirrer berdasarkan pengoperasiannya, yakni hot plate stirrer digital dan hot plate stirrer analog. Perbedaannya adalah ada tidaknya layar display (LCD) yang menampilkan indikator suhu dan kecepatan. Kami akan uraikan bagian-bagian dari hot plate stirrer analog.

Bagian Bagian Hot Plate Stirrer Digital

Ada lima bagian dari hot plate beserta gambar yang dijelaskan dalam artikel ini. Lihat gambar Hot plate dan bagian-bagiannya berikut ini.

Bagian Bagian Hot Plate dan Fungsinya Stirrer Gambar Alat Laboratorium

Berikut adalah penjelasan bagian bagian penting dari Hot plate laboratorium, yaitu:

Top Plate

Top plate pada gambar di atas berwarna putih. Bagian ini berfungsi sebagai tempat meletakkan wadah berisi sampel yang hendak dipanaskan atau dihomogenkan. Alat gelas yang umum digunakan adalah gelas kimia (beaker glass) atau erlenmeyer. Ada 3 jenis pelapis pada top plate ini, yaitu lapisan aluminium, enamel dan keramik. Silakan baca penjelasan kami pada artikel tentang kelebihan dan kekurangan hot plate laboratorium.

Tombol/Knob Pengatur Suhu

Tombol/Knob Pengatur Suhu pada gambar di atas berada di sebelah kiri. Fungsinya adalah untuk meng-adjust (mengatur) suhu atau derajat panas dari Hot plate agar sesuai dengan yang diinginkan. Jika anda memutar searah jarum jam, maka suhu yang dihasilkan Hot plate semakin tinggi. Demikian pula dengan sebaliknya. Namun suhu yang dihasilkan hot plate ini tidak sama dengan suhu larutan. Untuk mengukur/mengetahui suhu dari larutan sampel, maka gunakan pengukur suhu berupa termometer.

Tombol/Knob Pengaturan Kecepatan

Tombol/Knob Pengaturan Kecepatan pada gambar di atas terletak di sebelah kanan Tombol/Knob pengatur suhu. Fungsinya untuk mengatur kecepatan pengadukan. Mekanisme pengadukannya adalah dengan cara memutar magnetic stirer. Untuk meningkatkan kecepatan pengadukan maka anda dapat memutar knob searah jarum jam.

Atur kecepatan putar sehingga larutan tidak muncrat. Gunakan magnetic stirrer bar yang sesuai dengan diameter alat gelas di atasnya. Dengan adanya pengadukan menggunakan magnetic stirer ini, pekerja di laboratorium (laboratorium) tidak perlu melakukan pengadukan secara manual. Oleh karenanya larutan dapat dibuat secara lebih cepat.

Layar Display

Bagian ini hanya ada pada jenis hot plate digital. Anda tidak akan menjumpainya pada hot plate analog. Fungsi layar display adalah untuk menampilkan suhu dan kecepatan pengadukan dalam bentuk angka digital.

Hot Plate House

Bagian house ini berfungsi untuk melindungi komponen elektronik dan sirkuit utama dari hot plate. Pada gambar di atas, bagian ini di cat dengan warna biru.

Itulah penjelasan alatalatlab.com tentang bagian bagian hot plate dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Bagian Bagian Hot Plate dan Fungsinya Stirrer Gambar Alat Laboratorium
5 (100%) 10 votes

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat Hubungi kami via WA