Bagian Bagian Hot Plate dan Fungsinya Stirrer Gambar Alat Laboratorium

Bagian Bagian Hot Plate Magnetic Stirrer dan Fungsinya +Gambar

Bagian bagian hot plate magnetic stirrer dan fungsinya beserta gambar lengkap 2019. Fungsi alat laboratorium untuk menghomogenkan larutan kimia ini tersusun dari beberapa komponen utama.

Bagian bagian magnetic stirrer hotplate dan fungsinya sebaiknya dipahami oleh laboran, mahasiswa, dosen dan peneliti yang bekerja di laboratorium. Dengan mengetahui fungsi setiap bagian, maka laboran dapat melakukan troubleshotting tanpa harus service ke dealer resmi.

Apa itu Hot Plate Magnetic Stirrer?

Cara Menggunakan Hot Plate Laboratorium dan Tips Penggunaan Hot Plate

Pengertian hot plate magnetic stirrer adalah

Hot plate magnetic stirrer adalah alat laboratorium yang berfungsi mengaduk (stirring) larutan kimia disertai dengan kalor (panas) sehingga homogen. Kini, anda sudah tahu apa pengertian apa itu hot plate stirrer kan? Baca juga artikel kami tentang jenis-jenis magnetic stirrer hot plate laboratorium.

Jenis hot plate magnetic stirrer

Ada 2 jenis hot plate magnetic stirrer berdasarkan pengoperasiannya, yakni:

  • hot plate stirrer digital
  • hot plate stirrer analog

Perbedaan kedua jenis hotplate tersebut adalah ada tidaknya layar display (LCD) yang menampilkan indikator suhu dan kecepatan. Yuk, kita lanjutkan dengan uraian komponen utama dari hot plate stirrer analog.

Bagian Bagian Hot Plate Stirrer Digital

Gambar hot plate dan bagian-bagiannya

Ada 5 (lima) bagian penting dari hotplate beserta gambar yang dijelaskan dalam artikel ini. Lihat gambar komponen penyusun hot plate berikut ini.

Bagian Bagian Hot Plate dan Fungsinya Stirrer Gambar Alat Laboratorium

Berikut adalah penjelasan bagian bagian penting dari Hot plate laboratorium, yaitu:

Top Plate

Top plate pada gambar di atas berwarna putih. Bagian ini berfungsi sebagai tempat meletakkan wadah berisi sampel yang hendak dipanaskan atau dihomogenkan. Alat gelas yang umum digunakan adalah gelas kimia (beaker glass) atau erlenmeyer. Ada 3 jenis pelapis pada top plate ini, yaitu lapisan aluminium, enamel dan keramik. Silakan baca penjelasan kami pada artikel tentang kelebihan dan kekurangan hot plate laboratorium.

Tombol/Knob Pengatur Suhu

Tombol/Knob Pengatur Suhu pada gambar di atas berada di sebelah kiri. Fungsinya adalah untuk meng-adjust (mengatur) suhu atau derajat panas dari Hot plate agar sesuai dengan yang diinginkan. Jika anda memutar searah jarum jam, maka suhu yang dihasilkan Hot plate semakin tinggi. Demikian pula dengan sebaliknya. Namun suhu yang dihasilkan hot plate ini tidak sama dengan suhu larutan. Untuk mengukur/mengetahui suhu dari larutan sampel, maka gunakan pengukur suhu berupa termometer.

Tombol/Knob Pengaturan Kecepatan

Tombol/Knob Pengaturan Kecepatan pada gambar di atas terletak di sebelah kanan Tombol/Knob pengatur suhu. Fungsinya untuk mengatur kecepatan pengadukan. Mekanisme pengadukannya adalah dengan cara memutar magnetic stirer. Untuk meningkatkan kecepatan pengadukan maka anda dapat memutar knob searah jarum jam.

Atur kecepatan putar sehingga larutan tidak muncrat. Gunakan magnetic stirrer bar yang sesuai dengan diameter alat gelas di atasnya. Dengan adanya pengadukan menggunakan magnetic stirer ini, pekerja di laboratorium (laboratorium) tidak perlu melakukan pengadukan secara manual. Oleh karenanya larutan dapat dibuat secara lebih cepat.

Layar Display

Bagian ini hanya ada pada jenis hot plate digital. Anda tidak akan menjumpainya pada hot plate analog. Fungsi layar display adalah untuk menampilkan suhu dan kecepatan pengadukan dalam bentuk angka digital.

Hot Plate House

Bagian house ini berfungsi untuk melindungi komponen elektronik dan sirkuit utama dari hot plate. Pada gambar di atas, bagian ini di cat dengan warna biru.

Hot Plate Laboratorium: Pengertian Fungsi dan Harga Hot Plate di Lab

Rekomendasi Distributor Alat Laboratorium

Bila anda memerlukan alat laboratorium kesehatan kimia pertanian farmasi lingkungan fisika biologi harga murah distributor di Bogor, maka hubungi kami sekarang. Perusahaan alatalatlab.com jual alat-alat gelas uji ke jakarta surabaya bandung semarang medan cirebon balikpapan bekasi banjarmasin banjarbaru batam banyuwangi bali cikarang tangerang city banten malang pekanbaru jogja makassar pontianak palembang dan seluruh Indonesia. Mau Penawaran Harga? Call Us Now

Itulah penjelasan alatalatlab.com tentang bagian bagian hot plate dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Apa itu magnetic stirrer hot plate?

Magnetic stirrer hot plate adalah alat laboratorium berfungsi untuk menghomogenkan larutan dengan mekanisme pengadukan yang dilengkapi pemanas. Komponen utama alat lab ini adalah plate panas dan batang magnetik. Keduanya, Hot plate dan Stirrer bar (magnetic stirrer) adalah satu kesatuan.

Apa kegunaan hot plate stirrer di laboratorium?

Di dalam laboratorium, hot plate stirrer digunakan untuk memanaskan alat gelas (glassware) atau isi di dalamnya. Beberapa hot plate dilengkapi dengan batang magnet sehingga dapat memanaskan larutan sambil teraduk secara otomatis. Ada 2 pilihan hot plate yang bisa anda beli, yakni dilengkapi dengan magnetic stirrer dan hanya pemanas biasa saja.

Bagaimana cara menggunakan stirrer hot plate?

Ada 2 knop pengatur pada hot plate stirrer, yaitu pengatur kecepatan pengadukan dan pengatur suhu (panas). Alat laboratorium ini berfungsi ganda, yakni pemanas dan pengaduk secara otomatis. Anda pun bisa bekerja di laboratorium secara efektif dan efisien.

Apakah saya bisa membeli alat laboratorium selain hot plate?

Kami menjual aneka jenis alat laboratorium, baik itu laboratorium kimia, laboratorium biologi dan fisika, laboratorium farmasi dan kesehatan, laboratorium pertanian dan alat laboratorium lainnya. Anda dapat membeli mikroskop, timbangan analitik, soil analyzer, shaker, mixer, inkubator, dll. Berikut beberapa kategori alat lab yang kami jual
– Alat Gelas, Resin, Wadah Logam
– Alat Ukur, Dispenser Pipet, Suntikan
– Fraksinasi, Separasi, Ekstraksi, Filtrasi
– Pengaduk, Penghancur, Pencampur
– Perlengkapan Laboratorium Penelitian
– Penyimpanan, Peralatan, Fasilitas Laboratorium
– Pemanas, Pendingin, Kotak Pendingin
– Meja, Lemari Area Bersih
– Pembersihan, Sterilisasi, Pembersih, Sanitasi, Pembuangan
– Bioteknologi
– Uji Air, Tanah
– Peralatan Analisa Lingkungan
– Pemurnian Air, Produk Terkait
Silakan menghubungi bagian sales dan marketing kami pada tautan kontak untuk mendapatkan katalog produk. Gratis.

Tags:gambar hot plate, jenis jenis hot plate laboratorium, bagian bagian hotplate dan fungsinya, bagian bagian tube shaker, hot plate fungsi dan bagian bagianya

Last Updated on by

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.