Bagian Bagian Mikropipet dan Fungsinya + Cara Penggunaannya

Bagian Bagian Mikropipet dan Fungsinya + Cara Penggunaannya

Bagian bagian mikropipet dan fungsinya beserta cara penggunaannya di laboratorium seharusnya dikenali dengan baik oleh penggunanya. Fungsi mikro pipet adalah memindahkan cairan ukuran mikroliter. Dengan mengetahui fungsi setiap bagian alat, maka umur alat akan menjadi lebih lama. Hal tersebut dikarenakan pengguna dapat mengoperasikan alat sesuai dengan fungsi yang seharusnya. Baca juga pengertian dan sejarah mikropipet.

Ketika bekerja di laboratorium, baik sebagai praktikan, laboran maupun peneliti, seringkali memerlukan bantuan alat untuk memindahkan cairan secara cepat. Salah satu alat laboratorium yang digunakan untuk memindahkan cairan adalah pipet. Untuk memindahkan cairan dalam volume kecil (hingga ukuran mikro liter) maka digunakanlah mikropipet.

Fungsi bagian bagian mikropipet dan cara pengunaannya

Komponen utama sebuah mikro pipet adalah sebagai berikut:

  • tombol penekan (plunger button)
  • tombol pelepas tip
  • batang mikropipet (shaft)
  • ujung pipet (pipette tip)

Gambar bagian bagian mikropipet

Bagian bagian mikropipet dan fungsinya beserta cara penggunaannya di laboratorium
Gambar bagian-bagian mikropipet

Berikut adalah penjelasan bagian bagian mikropipet dan fungsinya:

Tombol penekan (Plunger button)

Tombol penekan pada mikropipet berfungsi sebagai pompa yang menarik dan mengeluarkan cairan atau larutan. Cara menggunakan mikropipet cukup mudah.

Pada saat plunger button ditekan, maka udara yang berada di dalam tip akan terdorong keluar. Pada saat dilepaskan, maka liquid atau cairan akan tertarik ke dalam ujung (tip) pipet. Selanjutnya, cairan bisa dipindahkan ke alat gelas lain.

Caranya adalah dengan menekan tombol. Pada sebagian jenis mikropipet, pada bagian atas plunger button terdapat angka. Angka tersebut menunjukkan kapasitas maksimum dan minimum dari mikropipet. Baca juga jenis mikropipet single-channel dan multi-channel.

Tombol pelepas tip (Tip ejector button)

Bagian micropipette ini berfungsi untuk melepaskan tip yang terdapat pada bagian ujung. Cara menggunakannya adalah dengan menekan tombol dan tip akan terlepas dari body pipet mikro. Tombol pelepas tip ini umumnya akan difungsikan setelah selesai menggunakan tip dengan volume tertentu.

Penunjuk skala volume (Scale volume)

Bagian ini berfungsi untuk menunjukkan volume cairan. Penunjuk volume ini juga dilengkapi dengan knob pengatur volume (Volume adjustment knob). Caranya adalah dengan memutar knob tersebut sesuai dengan volume cairan yang diinginkan.

Batang mikropipet (Shaft)

Bagian ini berfungsi untuk menghubungkan bagian atas (plunger button dan tip ejector button) dan bagian ujung bawah (tip). Bagian ini dirancang ergonomis sehingga nyaman saat digenggam tangan.

Ujung pipet (Pipette tip)

Bagian ini memiliki fungsi untuk menampung cairan atau larutan. Bagian ini akan kontak langsung dengan cairan. Keakuratan pengukuran mikopipet juga dipengaruhi oleh ukuran tip yang digunakan. Sesuaikan ukuran tip dengan volume cairan yang akan dipindahkan

Sebaiknya gunakan tip yang se-merek dengan merek mikro pipet. Setiap perusahaan terkadang memiliki standar kalibrasi tertentu yang berbeda dengan perusahaan lain. Selain itu, tidak semua tip memiliki kompatibiltas yang cocok dengan semua jenis mikropipet.

Mikropipet menjadi bagian penting dalam penelitian di laboratorium mikrobiologi dan lab yang memerlukan testing pemindahan volume skala kecil. Perusahaan kosmetik yang memiliki bagian riset dan pengembangan juga sering menggunakan alat ini pada saat sampling dengan volume kecil. Jika anda tertarik untuk membeli mikropipet, silakan hubungi kami.

Rekomendasi Distributor Alat Alat Laboratorium

Bila anda memerlukan alat laboratorium kesehatan kimia pertanian farmasi lingkungan fisika biologi harga murah distributor di Bogor, maka hubungi kami sekarang. Perusahaan alatalatlab.com jual alat-alat gelas uji ke jakarta surabaya bandung semarang medan cirebon balikpapan bekasi banjarmasin banjarbaru batam banyuwangi bali cikarang tangerang city banten malang pekanbaru jogja makassar pontianak palembang dan seluruh Indonesia. Mau Penawaran Harga? Call Us Now

Apa itu mikro pipet dan siapa penemunya?

Mikro pipet adalah jenis pipet yang fungsinya memindahkan cairan dalam volume sangat kecil (mikroliter). Mikro pipet ditemukan pada tahun 1957 di University of Marburg, Germany oleh seorang postdoc Heinrich Schnitger.

Apa saja bagian-bagian mikropipet?

Bagian utama sebuah mikro pipet adalah plunger button, tip ejector button, volume adjustment dial, volume display, tip ejector, dan shaft. Jenis mikro pipet berbeda dalam hal desainn, berat, daya tekan, dan presisinya

Bagaimana cara kerja mikro pipet?

Menurut pabrikannya, semua jenis mikro pipet bekerja dengan prinsip yang sama. Ketika bulb (plunger) ditekan maka udara di dalam pipet terdorong keluar, dan menjadi vakum. Selanjutnya, ketika ujung pipet dimasukkan ke dalam cairan dan plunger dilepaskan, maka cairan akan masuk ke dalam pipet melalui tip. Cairan di dalam pipet pun siap dipindahkan ke wadah lain. Caranya adalah dengan menekan plunger.

Alat laboratorium apa saja yang dijual?

Kami menjual aneka jenis alat laboratorium, baik itu laboratorium kimia, laboratorium biologi dan fisika, laboratorium farmasi dan kesehatan, laboratorium pertanian dan alat laboratorium lainnya. Anda dapat membeli mikroskop, timbangan analitik, soil analyzer, shaker, mixer, inkubator, dll. Berikut beberapa kategori alat lab yang kami jual
– Alat Gelas, Resin, Wadah Logam
– Alat Ukur, Dispenser Pipet, Suntikan
– Fraksinasi, Separasi, Ekstraksi, Filtrasi
– Pengaduk, Penghancur, Pencampur
– Perlengkapan Laboratorium Penelitian
– Penyimpanan, Peralatan, Fasilitas Laboratorium
– Pemanas, Pendingin, Kotak Pendingin
– Meja, Lemari Area Bersih
– Pembersihan, Sterilisasi, Pembersih, Sanitasi, Pembuangan
– Bioteknologi
– Uji Air, Tanah
– Peralatan Analisa Lingkungan
– Pemurnian Air, Produk Terkait
Silakan menghubungi bagian sales dan marketing kami pada tautan kontak untuk mendapatkan katalog produk. Gratis.

Tags:genal alat-alatpratikum mikrobiologi, cara mikropipet, Fungsi mikro pipet, bagian-bagian mikropipet, bagian mikropipet dan tip, bagian dari mikropipet dan fungsinya, bagian dari mikropipet, mikropipet dan fungsinya, bagian bagian pipet, bagian bagian mikropipet, bagian bagian makro pipet dan mikropipet, gambar mikropepet, gambar mikro pipet dan fungsi laboratorium kimia, GAMBAR CARA PENGGUNAAN DAN FUNGSI MIKRO PIPET, fungsi mikrotip, Fungsi dan cara penggunaan mikropipet, apa fungsi plunger melting, bagian bagian socorex, mikropipet dan tip pdf

Last Updated on by

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!