Prinsip dan Cara Kerja Mikroskop Cahaya

Setelah memahami arti penting dari mikroskop dalam dunia riset, maka Anda perlu memahami cara kerja mikroskop cahaya listrik. Memahami cara penggunaan mikroskop yang paling sederhana ini akan membantu siswa dalam menggunakan mikroskop yang lebih canggih di masa depan. Bila Anda berminat untuk mempelajari lebih intensif, maka Anda dapat mendownload file pdf cara kerja mikroskop cahaya di internet.

Memperbesar gambar objek

Prinsip dasar dan mekanisme kerja dari sebuah mikroskop cahaya adalah memperbesar gambar objek dengan bantuan cahaya untuk menerangi obyek. Untuk bekerja maksimal, sebuah mikroskop biasanya dilengkapi dengan beberapa komponen seperti beberapa lensa, tabung kondensor, dan reflektor.

Tingkat perbesaran (magnifikasi) mikroskop dapat diatur dengan menggunakan ukuran lensa yang sesuai. Anda bisa memilih ukuran 10x, 40x, 100x dan 1000x.

Fokus

Selain itu, untuk mempertajam gambar yang diamati, maka anda perlu mengatur tingkat kefokusan dengan memutar knop. Knob ini mengatur jauh dekatnya lensa obyektif dengan benda yang diamati sehingga gambar yang dihasilkan menjadi lebih baik.

Sumber cahaya

Mikroskop cahaya yang lama mengharuskan anda untuk mencari sinar matahari yang paling terang untuk menerangi objek. Kini sudah ada mikroskop cahaya yang menggunakan sumber cahaya dari lampu listrik, yakni lampu LED. Adanya pencahayaan lampu LED ini mempermudah penggunaan mikroskop, baik di siang hari maupun di malam hari.

Tags:gambar siswa menggunakan mikroskop di lab

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.