Cara Menggunakan Inkubator Laboratorium Mikrobiologi Lengkap

Cara menggunakan inkubator laboratorium mikrobiologi lengkap meliputi cara menyalakan & mematikan inkubator yang benar serta cara penggunaan & merawat alat inkubator laboratorium sehingga tahan lama. Baca juga artikel kami tentang apa itu inkubator laboratorium dan jenis-jenisnya.

Cara Menggunakan Inkubator Laboratorium

Cara menyalakan inkubator

Berikut ini adalah tahapan (Step by step) cara menyalakan inkubator laboratorium yang baik dna benar:

  1. Hubungkan kabel power ke stop kontak.
  2. Nyalakan alat
  3. Atur suhu dalam inkubator dengan menekan tombol set.
  4. Sambil menekan tombol set, putarlah tombol di sebelah kanan atas tombol set hingga   mencapai suhu yang di inginkan.
  5. Setelah suhu yang diinginkan selesai diatur, lepaskan tombol set. Inkubator akan menyesuaikan setingan suhu secara otomatis setelah beberapa menit.
  6. Siapkan sampel (kultur mikroorganisme) yang akan diinkubasikan, kemudian letakan dalam rak yang terdapat dalam inkubator tersebut.
  7. Kemudian masukkan media pembiakan berisi mikroorganisme (sampel kultur) yang akan mau di inkubasi. Jika menggunakan cawan petri, maka bungkus dengan kertas terlebih dahulu.

Cara sampling inkubator

Anda dapat melakukan sampling secara berkala dengan mengambil cawan petri seperti gambar. Pastikan anda bekerja secara aseptis di dalam laboratorium mikrobiologi.

Supaya asepti gunakan larutan seperti alkohol ketika bekerja dengan bakteri dan jasad renik lainnya. Hal ini perlu untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang. Baik kontaminasi dari tubuh anda ke dalam biakan bakteri ataupun sebaliknya.

Cara Mematikan Inkubator Laboratorium

Ketika sudah selesai menggunakan inkubator, sebaiknya matikan alat laboratorium tersebut untuk menghemat pemakaian daya listrik. Baca juga cara menggunakan shaker laboratorium.

Secara sederhana, cara mematikan inkubator adalah berkebalikan tahapannya dengan tahapan menyalakan alat. Ketika anda sudah benar-benar selesai melakukan inkubasi kultur anda, maka matikan alat lab ini dengan menekan tombol POWER ke posisi OFF.

Putuskan sambungan arus listrik dengan cara mencabut kabel power yang menempel pada sumber daya listrik (PLN atau yang lainnya). Baca juga cara menggunakan timbangan yang benar.

Gambar Cara Menggunakan Inkubator Laboratorium

Cara Menggunakan Inkubator di Laboratorium Mikriobiologi
Gambar Ilustrasi Cara menggunakan Inkubator Laboratorium Mikrobiologi

Cara Penggunaan Inkubator Supaya Awet

Supaya inkubator anda awet, lakukan perawatan berkala. Anda bisa membersihkan inkubator dari kotoran yang menempel atau dari bekas penelitian anda. Berikut adalah tips membersihkan inkubator laboratorium:

  1. Bersihkan alat dengan kain lap bersih atau kain lap yang basah, kemudian lap dengan kain kering setiap selesai di gunakan.
  2. Di dalam inkubator terdapat rak dapat di bongkar pasang sehingga memudahkan untuk membersihkannya.

Rekomendasi Distributor Alat Alat Laboratorium

Bila anda memerlukan alat laboratorium kesehatan kimia pertanian farmasi lingkungan fisika biologi harga murah distributor di Bogor, maka hubungi kami sekarang. Perusahaan alatalatlab.com jual alat-alat gelas uji ke jakarta surabaya bandung semarang medan cirebon balikpapan bekasi banjarmasin banjarbaru batam banyuwangi bali cikarang tangerang city banten malang pekanbaru jogja makassar pontianak palembang dan seluruh Indonesia. Mau Penawaran Harga? Call Us Now

Terima kasih telah membaca artikel kami tentang cara menggunakan inkubator di laboratorium mikrobiologi di web alatalatlab.com. Silakan bagikan ke teman anda jika bermanfaat.

Cara Menggunakan Inkubator Laboratorium Mikrobiologi Lengkap
5 (100%) 27 vote[s]

Tags:cara kerja inkubator, cara menggunakan inkubator, pemeliharaan inkubator laboratorium, cara menyalakan dan mematikan oven laboratorium, cara mengoperasikan alat inkubator, pengoperasian inkubator, contoh penggunaan incubator, cara perawatan alat inkubator, cara mengatur suhu pada inkubator lab, cara menggunakan inkubator omron, pemeliharaan inkubator, cara memakai inkubator, Penelitian membuat alat inkubator, pengoperasian AGR-TT96, Cara kerja inkubator heratherm IGS60, Prosedur kerja incubator heratherm IGS60, Prosedur kerja incubator IGS60, prosedur penggunaan inkubator laboratorium, panduan AGR-TT96, Jenis jenis inkubator, inkubator cara menggunakan, cara menggunakan inkubator adalah, Cara menstreilkan di inkubator, Cara mengguanakan incubator eqogain series, cara penggunaan inkubator, cara penggunaan inkubator mini, cara penggunan inkubator, contoh gambar inkubator, cara mematikan inkubator, prosedur penggunaan inkubator mikrobiologi

Last Updated on by

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!