Cara Menggunakan Mikroskop Cahaya yang Baik dan Benar

Cara Menggunakan Mikroskop Cahaya Listrik

Siswa perlu mengetahui bahwa mikroskop cahaya listrik berbeda dari mikroskop cahaya biasa. Siswa yang praktikum menggunakan mikroskop tidak lagi perlu mencari tempat terang karena sinar matahari karena lampu LED telah menggantikan penerangan tersebut.

Cara menggunakan mikroskop cahaya monokuler hampir sama dengan cara menggunakan mikroskop cahaya listrik. Perbedaan yang ada hanya terletak pada cahaya yang digunakan oleh mikroskop cahaya monokuler masih menggunakan sinar matahari manual. Anda dapat mempelajari tutorial ini dengan cara mencetak file pdf cara menggunakan mikroskop cahaya dari internet. 

Menyalakan mikroskop

Cara menggunakan mikroskop cahaya listrik setelah disambungkan dengan sumber daya adalah dengan menyalakan lampu LED.

Menyiapkan preparat sampel

Selanjutnya, pengguna perlu untuk memasukkan objek kedalam kaca preparat dan memasang di meja mikroskop. Gunakan pengaturan perbesaran objek dan lakukan pengaturan kasar, sehingga objek dapat bergerak ke atas dan ke bawah.

Mengatur fokus

Atur bagian cermin untuk mendapatkan pantulan cahaya LED yang sempurna ke objek. Atur bagian diafragma. Anda dapat mengamati objek dalam preparat dengan menggunakan lensa okuler. Saat Anda mengatur bagian objektif, maka usahakan agar lensa objektif tidak menghimpit preparat.

Lensa objektif yang menghimpit preparat akan menyebabkan kerusakan pada bagian preparat. Pengguna mikroskop binokuler perlu membuka kedua mata pada saat mengamati objek. Menutup satu mata akan menyebabkan kondisi silinder pada mata dalam waktu yang lama.

Pengguna juga dapat mengganti perbesaran pada lensa objektif untuk bisa mendapatkan gambar objek yang lebih detail. Anda juga dapat menggunakan pengatur halus untuk bisa mendapatkan tingkat kefokusan yang sangat akurat.

Cara menggunakan mikroskop cahaya

Cara menggunakan mikroskop cahaya ini dikutip dari buku Penuntun Praktikum Biologi Umum yang dikeluarkan oleh Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Brawijaya, Malang. Berikut prosedur cara penggunaan mikroskop yang baik dan benar (mikroskop model LGA 3402):

  1. Mikroskop dipindahkan dengan cara lengan mikroskop dipegang tangan kanan, sedang kaki mikroskop diletakkan di telapak tangan kiri.
  2. Mikroskop diletakkan di meja dengan hati-hati dengan arah lengan mikroskop searah praktikan (untuk model LGA 3402.) atau berlawanan arah (untuk model Olympus CHC). 
  3. Kabel listrik pada mikroskop dihubungkan dengan sumber arus 
  4. Slide glass / gelas obyek / gelas benda (yang sudah berisi spesimen) diletakkan di atas meja objek dan dijepit supaya tidak bergerak
  5. Revolver diputar sehingga lensa obyektif pada perbesaran rendah X10 tepat di atas objek dengan jarak 2-5 mm (atau jarak aman agar ujung lensa tidak membentur meja objek) 
  6. Knob on/off pada sisi kiri bawah pojok ditekan untuk menghidupkan atau mematikan lampu
  7. Spesimen diamati melalui lensa okuler, jika kurang jelas ketinggian meja objek diatur dengan pengatur kasar hingga spesimen tampak. Slide glass digeser menggunakan pengatur mekanik meja (tergantung model mikroskop) untuk mendapatkan objek yang paling bagus. 
  8. Jika menginginkan perbesaran yang lebih tinggi (40x) posisi meja diturunkan terlebih dahulu untuk menghindari ujung lensa terkena slide glass kemudian revolver diputar hingga posisi lensa  obyektif 40x tepat diatas objek. Untuk memperjelas target pengamatan digunakan pengatur halus. Pada perbesaran paling tinggi (100x), meja benda diturunkan, revolver 100x diputar, menjelang dekat objek ditahan dan minyak imersi diteteskan di atas cover slip, kemudian dilanjutkan menempatkan lensa objektif 100x hingga tepat di atas obyek. Untuk menajamkan tampilan obyek, digunakan pengatur halus. Ingat hanya pengatur halus! Karena antara lensa obyektif dan coverslip bila dilihat dengan mata telanjang tampak tanpa jarak, maka saat menggunakan pengatur halus harus berhati-hati.
  9. Apabila target masih belum fokus dilakukan pengaturan kondensor, iris diafragma yang dilanjutkan dengan pengatur halus.

Cara Perawatan dan penyimpanan mikroskop

  1. Lensa dan komponen kaca lainnya dibersihkan dengan blower yang fungsinya untuk  menghilangkan kotoran atau debu dari lensa. Kemudian diikuti dengan mengusap lensa dengan paper lens yang sebelumnya sudah dilembabkan dengan tetesan larutan campuran eter-etanol (70 ml : 30 ml). Catatan : lensa diusap secara melingkar dari dalam keluar.
  2. Jika lensa terdapat noda bekas jari atau noda minyak, dibersihkan menggunakan alkohol absolut (perlu diperhatikan untuk penggunaan alkohol absolut karena mudah terbakar, sehingga perlu dijauhkan dari bagian-bagian yang berpotensi sebagai sumber listrik, seperti knop switch on/off dan bila menggunakan alkohol absolut juga harus pada ruangan yang memiliki ventilasi terbuka)
  3. Lensa dan bagian lain yang terbuat dari kaca HANYA boleh dibersihkan dengan cairan organik.  Bagian lain mikroskop yang tidak terbuat dari kaca dibersihkan menggunakan kain lembab dengan deterjen netral yang telah diencerkan. 
  4. Xylol tidak boleh digunakan untuk membersihkan lensa karena dapat merusak coating system pada lensa. 
  5. Mikroskop tidak boleh dipindahkan dengan cara menggeser mikroskop karena dapat merusak seal system yang ada di kaki mikroskop. Mikroskop dipindahkan dengan mengangkat.

Anda dapat mendownload file pdf cara menggunakan mikroskop cahaya pada tautan ini.

Saran Penggunaan Mikroskop

Mempelajari cara menggunakan mikroskop cahaya untuk mengamati suatu objek perlu dilakukan sesuai dengan petunjuk yang ada. Dengan cara demikian, maka pengguna akan mengetahui cara menggunakan mikroskop yang baik dan benar. Hal ini akan langsung berkaitan dengan perawatan mikroskop untuk tahan lama dan tidak cepat rusak.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.