Cara Menggunakan Timbangan Analitik Digital dan Analog Laboratorium

Cara menggunakan timbangan analitik digital dan analog di laboratorium yang baik dan benar itu mudah, jika kita sudah membaca panduan (manual book) dan mengikuti manual yang ada. Saya SETUJU dengan statement seperti itu.

Namun, berapa banyak laboran, peneliti, dosen atau guru, mahasiswa atau siswa, dan teknisi laboratorium yang mengetahui detail fungsi bagian-bagian timbangan? Terlebih lagi tentang bagaimana cara penggunaan timbangan analitik dg untuk menimbang benda dengan akurasi tinggi, baik dengan neraca digital maupun neraca analog?.

Tahukah anda bahwa galat (error) yang terjadi pada penelitian yang anda lakukan akan semakin besar saat anda keliru melakukan penimbangan? Atau bagaimana jika anda bekerja di laboratorium farmasi atau dunia medis yang sering meramu/meracik bahan obat-obatan dan anda tidak tahu cara menimbang yang akurat dan presisi? Apa yang terjadi kepada orang yang mengkonsumsi racikan obat yang salah takaran hanya gara-gara tidak teliti dalam menimbang?

Jika anda serius untuk belajar menggunakan alat laboratorium yang satu ini, maka anda perlu membaca artikel dalam blog ini. Perlu anda ketahui bahwa menghitung bobot benda dengan menggunakan neraca analitik analog memerlukan tingkat ketelitian tinggi.

Kali ini, alatalatlab.com akan mengulas tentang persiapan sebelum menimbang, aturan pengoperasian timbangan yang baik dan benar, cara menggunakan timbangan analitik digital, dan cara menggunakan timbangan analog dengan ohaus 3 lengan. Kami menyajikan tulisan ini secara sistematis sehingga anda mudah mempelajarinya.

Tetaplah anda membaca untuk mengetahui…

Apa Pentingnya menggunakan timbangan analitik?

Timbangan analitik adalah jenis timbangan yang sangat peka (sensitif) terhadap bahan yang ditimbangnya. Anda perlu menggunakan jenis timbangan ini karena benda atau bahan yang anda timbang, memiliki karakteristik:

  • Sangat sensitif, (misalnya mudah menguap) sehingga anda dapat memastikan takaran yang anda timbang tepat dengan prosedur yang anda ikuti
  • Pengaruh bahan tersebut sangat kuat seperti obat dan bahan/reagen kimia untuk analisis. Contohnya adalah NaOH pekat atau asam sulfat pekat

Tetaplah bersikap hati-hati saat menimbang.

Cara Menggunakan Timbangan Analitik Digital dan Analog Laboratorium

Dalam artikel ini kami akan coba bahas cara setting dan menggunakan neraca analitik digital dan cara mengoperasikan timbangan analitik analog. Semoga bisa menjawab pertanyaan anda bagaimana cara memakai dan membaca timbangan analitik, baik digital maupun analog/mekanik. Baca juga apa itu timbangan dan bagaimana sejarah timbangan.

Cara Menggunakan Timbangan Analitik Digital

Jenis timbangan elektronik lebih mudah dioperasikan. Kegunaan alat laboratorium yang satu ini sangat membantu mahasiswa, pengajar, peneliti yang sedang melakukan kegiatan di laboratorium seperti praktikum maupun penelitian. Baca juga bagian-bagian timbangan digital.

bagian-bagian timbangan analitik digital

Gambar Bagian-bagian Timbangan Analitik Digital

Langkah-langkah Persiapan dan cara setting timbangan analitik digital

Sebelum anda menggunakan timbangan, pastikan timbangan dalam kondisi setimbang (leveled) dan menunjukkan angka nol (zeroed).

Lihat tanda tera untuk cek kesetimbangan

Untuk memeriksa bahwa timbangan dalam kondisi setimbang adalah dengan melihat gelembung udara dalam wadah yang ada di bagian belakang timbangan. Untuk itu letakkan (duduk) timbangan tersebut di meja datar. Usahakan gelembung tersebut berada di tengah (posisi). Jika posisi gelembung tersebut tidak ditengah, maka lakukan setting dengan memutar skrup (screw) yang berada di bagian bawah timbangan. Membuat gelembung tersebut berada di tengah disebut dengan kalibrasi (menyetarakan timbangan). Cara kerja kalibrasi ini mirip dengan prinsip kerja water pass.

Menyalakan timbangan digital

Ketika timbangan sudah disetting (pengaturan), tutup semua penutup kaca dan tekan tombol ON di bagian depan timbangan. Hubungkan timbangan analitik dengan catu daya (power supply). Setelah sekian detik, timbangan akan menyala dan menunjukkan angka nol. Jumlah angka nol setelah koma menunjukkan tingkat ketelitian timbangan tersebut. Dengan demikian, timbangan analitik siap digunakan untuk mengukur massa.

Prosedur cara menimbang bahan berbentuk cair dan padatan (serbuk dan granul) dengan timbangan analitik digital

Langkah-langkah menimbang dengan timbangan analitik dimulai dari memilih wadah (container). Anda perlu memilih wadah yang tepat ketika menimbang bahan, baik cairan maupun padatan. Ada beberapa bahan yang sifatnya higroskopis, korosif, dan volatil. Untuk itu, selalu gunakan wadah yang sesuai. Untuk wadah cairan, anda dapat menggunakan gelas piala atau gelas ukur.

Urutan penggunaan timbangan ini dapat anda lakukan ketika tahapan persiapan di atas sudah dilakukan.

  1. Letakkan wadah di atas piringan (pan) dan tutuplah penutup timbangan.
  2. Tekan tombol Tare pada neraca. Monitor akan mendisplay angka nol karena bobot wadah telah dinolkan (reset). Dengan cara ini, anda akan mengetahui bobot/berat sampel secara langsung.
  3. Ambil bahan tertimbang dan letakkan di atas wadah. Anda perlu berhati-hati. Jangan sampai bahan tertimbang menjadi tumpah atau tercecer dan mengotori timbangan, terlebih lagi bahan kimia yang sensitif dan korosif seperti asam kuat ataupun basa kuat. Jika perlu, anda keluarkan wadah tersebut dari timbangan, letakkan bahan dan masukkan lagi wadah ke dalam timbangan. Ingat, jangan menekan tombol apapun pada langkah ini.
  4. Tutup semua pintu kaca dan baca angka yang tertera di monitor. Anda bisa menambahkan dan mengurangi bahan untuk mendapatkan bobot benda yang diinginkan pada tahapan ini.
  5. Catat bobot benda tertimbang

Bagaimana menimbang obyek padat secara langsung tanpa wadah dengan neraca analitik?

Jika benda yang anda timbang berbentuk padatan (solid) seperti batu, maka anda dapat menimbang benda tersebut secara langsung tanpa wadah. Pastikan anda menerapkan SOP persiapan. Selanjutnya, letakkan benda secara hati-hati di atas pan (piringan), tutup penutup timbangan, dan baca massa benda tersebut.

Cara membersihkan dan mematikan timbangan analitik

Ketika anda selesai menggunakan timbangan, pastikan timbangan dalam kondisi bersih dari luberan bahan. Anda dapat mematikan timbangan di sore hari ketika tidak digunakan lagi. Anda tekan tombol OFF. Kemudian, matikan aliran listrik dengan mencabut stop kontak. Lakukan prosedur yang sama di esok hari.

Cara Menggunakan Timbangan Analitik Analog

Dalam artikel ini kami akan jelaskan cara menggunakan timbangan/neraca ohaus 3 (tiga) lengan. Mungkin di artikel lain akan dibahas neraca 4 (empat), 2 (dua) atau neraca sama lengan. Baca juga bagian-bagian timbangan neraca analitik sama lengan.

bagian bagian timbangan analitik ohaus

Gambar bagian bagian neraca analitik tiga lengan merk Ohaus

Setting Neraca Ohaus tiga lengan

  • Geser ketiga slider (anting) sehingga menunjuk angka nol
  • Pastikan tidak ada benda di atas pan (piringan) dan pan dalam kondisi bersih
  • Pastikan slider dalam kondisi horizontal dan jarum menunjuk angka nol (setimbang). Jika tidak menunjukkan angka nol, anda perlu menggeser thumbscrew sehingga menunjukkan angka nol.

Langkah di atas disebut dengan kalibrasi. Kalibrasi adalah tindakan yang dilakukan untuk menyesuaikan alat sehingga hasil keluaran (output) dari alat pengukuran sesuai dengan besaran standar akurasi tertentu.

Penimbangan dengan neraca ohaus tiga lengan

  • Letakkan benda tertimbang di atas pan
  • Geser slider. Mulailah menggeser dari slider dari yang paling besar. Saat anda menggeser slider dan itu menyebabkan lengan menjadi timpang, maka geser slider kembali ke tempat semula.
  • Geser slider selanjutnya sehingga menunjuk angka nol (titik kesetimbangan)
  • Geser slider terakhir sehingga menunjuk angka nol (titik kesetimbangan)

Cara membaca/menentukan hasil pengukuran timbangan Ohaus 3 lengan

  • Bacalah angka yang ditunjukkan oleh setiap slider secara bersamaan. Cara membaca ini mirip dengan membaca skala nonius pada jangka sorong.
  • Angka yang ditunjukkan oleh slider paling kecil menunjukkan batas ketelitian neraca ini. Jika diperhatikan, setiap perindahan 1 angka, ada 10 garis kecil. Artinya 1/10 atau neraca ohauss ini memiliki batas ketelitian 0,1 gram. Anda dapat menuliskan skala sampai tingkat ketelitian 0,01 gram jika diperlukan.

cara membaca hasil pengukuran timbangan ohaus tiga lengan

Gambar Cara membaca hasil pengukuran neraca ohaus tiga lengan tanpa angka penafsiran

Berdasarkan gambar di atas, maka bobot benda yang ditimbang adalah 373 gram. Bobot ini merupakan hasil membaca angka utama.

tingkat ketelitian neraca ohaus

Gambar Cara membaca tingkat ketelitian neraca ohaus tiga lengan dengan 1 angka taksiran

Pada gambar di atas terlihat bahwa bobot benda tertimbang adalah 373,3 gram. Bobot ini mengandung 1 angka taksiran atau ketelititian timbangan adalah 0,1 gram.

batas ketelitian timbangan ohaus

Gambar Cara membaca hasil pengukuran neraca ohaus tiga lengan

Jika diperhatikan seksama, anting terkecil berada diantara strip ke 3 dan ke 4. Maka, anda bisa menuliskan bobot benda tertimbang adalah 373,35 gram. Sampai disini, kita telah membaca batas maksimal ketelitian timbangan analitik ohaus, yakni 0,01 gram.

Setiap timbangan memiliki tolerasi kesalahan (galat/error). Ada pendapat mengatakan, nilai kesalahan terkecil sebuah timbangan dihitung dengan rumus 0,5 kali tingkat ketelitian. Jadi neraca ohaus dengan ketelitian 0,1 gram, maka tolerasi kesalahannya sebesar 0,01×0,5 atau 0,05 gram. Maka dari itu bobot benda tertimbang berada diantara (373,35 – 0,05) gram dan (373,35 + 0,05) gram atau 373,30 gram hingga 373,40 gram. Cara menggunakan timbangan ohaus ini disadur dari tulisan John Erickson.

Video Cara Menggunakan Timbangan Analitik

Tips: Untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat, anda perlu melakukan kalibrasi terlebih dahulu.

Cara Menggunakan Timbangan Analitik Digital dan Analog Laboratorium
4.8 (96.47%) 17 vote[s]

Tags:cara menggunakan timbangan digital, cara menggunakan timbangan digital gram, cara menggunakan timbangan analitik, cara menimbang sabu, cara kerja timbangan analitik, cara menggunakan neraca analitik, cara kerja neraca analitik, cara memakai timbangan digital, cara pakai timbangan digital, cara mengoperasikan timbangan digital, cara membaca timbangan digital, cara setting mata timbangan, cara penggunaan neraca 3 lengan, cara baca timbangan digital, cara menggunakan timbangan digital buah, cara penggunaan timbangan digital, cara kerja neraca digital, cara menimbang timbangan digital acis, gambar timbangan analitik, cara pemakaian timbangan digital

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

082298882221