Kegunaan dan Fungsi Mikroskop Cahaya

Fungsi mikroskop cahaya dan elektron pada dasarnya sama. Perbedaan yang utama dari keduanya adalah sumber cahaya yang digunakan dan kemampuan melihat ukuran benda mikroskopis. Mikroskop elektron terbaru mampu melihat benda dengan ukuran yang lebih kecil dalam skala nanometer. Mikroskop yang satu ini hanya dapat melihat spesimen yang tidak bergerak maupun spesimen yang sudah dikeringkan.

Kegunaan & fungsi mikroskop cahaya

Berdasarkan pengertian mikroskop dari KBBI di atas, maka fungsi mikroskop adalah untuk melihat benda yang tidak kasat mata karena ukurannya sangat kecil. Misalnya saja melihat kuman atau bakteri.

Alat bantu praktikum

Ada banyak objek yang dapat diamati dengan menggunakan mikroskop cahaya, misalnya saja kuman, bakteri, sel darah atau sel makhluk hidup, jaringan daun dll. Dilansir dari laman Wikipedia, fungsi mikroskop cahaya adalah sebagai instrumen yang digunakan untuk melihat benda berukuran renik yang kasat mata. Jadi kita dapat menarik kesimpulan bahwa fungsi mikroskop cahaya adalah alat bantu (laboratorium) yang digunakan untuk mengamati objek (makhluk hidup atau benda mati) yang ukurannya mikroskopis.

Di sekolahan, siswa disuruh gurunya untuk melakukan pengamatan jaringan tanaman pada mata pelajaran biologi. Daun disayat tipis, diberi minyak imersi dan diletakkan di kaca preparat. Selanjutnya diamati irisannya dengan mikroskop dan siswa diminta menggambar penampakannya. Jadi, mikroskop adalah alat bantu praktikum yang sangat berguna di sekolah.

Alat bantu penelitian

Dalam dunia mikrobiologi, fungsi mikroskop cahaya sangat penting. Peneliti dapat menggunakan alat yang satu ini untuk mengamati sel hewan, manusia, dan tumbuhan. Selain itu, peneliti akan dapat mengerti tentang bentuk dari ragi dan jamur. Peneliti juga akan dapat menggunakan alat ini untuk melihat pergerakan dan morfologi dari makhluk hidup ukuran renik.

Setelah memahami apa itu mikroskop cahaya dan juga kegunaannya, maka siswa juga perlu untuk memahami mengenai bagaimana cara penggunaan mikroskop cahaya yang benar.  Penggunaan yang benar akan dapat mengamati objek dengan lebih baik. Selain itu, penggunaan dan perawatan alat yang baik akan memperpanjang usia penggunaan alat laboratorium tersebut secara tidak langsung.

Kelebihan dan kekurangan mikroskop cahaya

Salah satu kelebihan mikroskop cahaya adalah dapat diaplikasikan untuk mengamati objek (sel) yang hidup, sehingga dapat melihat aktivitas atau perilaku sel tersebut seperti bergerak atau membelah diri. Kekurangan light microscope adalah cahaya tampak yang melewati sampel hanya membentuk gambar apa adanya, tanpa modifikasi. Perlu kemampuan mengatur cahaya optis untuk meningkatkan kontras sehingga sel dan jaringan bisa terlihat lebih jelas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.