Fungsi Neraca Analitik

Secara umum, fungsi neraca analitik adalah untuk mengukur massa atau bobot suatu zat/benda dengan tingkat ketelitian yang sangat tinggi, hingga ukuran miligram. Benda seperti bahan obat, reagen kimia atau emas yang perlu akurasi tinggi, dapat diukur bobotnya dengan bantuan neraca analitik.

Sebagian orang menyebut neraca analitik dengan istilah timbangan laboratorium, timbangan obat ataupun timbangan emas. Berikut ini adalah beberapa funsi neraca analitik yang perlu anda ketahui:

Menimbang dalam jumlah sangat kecil

Ketika melakukan analisis di laboratorium, baik itu fisika, kimia maupun biologi, dapat dipastikan akan menggunakan timbangan analitik. Ketika membuat larutan untuk analisis, tentu anda akan menimbang sejumlah kecil bahan kimia (reagen). Untuk mendapatkan bahan tertimbangan dalam takaran yang sangat kecil, anda memerlukan bantuan alat timbangan analitik. Anda dapat memilih menggunakan timbangan analitik digital maupun analog/manual.

Mengukur massa zat cair dan zat padat

Benda yang diukur bobotnya oleh neraca analitik bisa berbentuk padatan maupun cairan. Jika bendanya berwujud cair, maka tempatkan cairan tersebut dalam wadah sehingga tidak meluber dan membasahi timbangan.

Sebagai alat ukur massa, neraca analitik tersedia dalam bentuk digital dan analog. Bagaimana cara kerja timbangan analog dan digital dalam mengukur massa?

Perkembangan teknologi timbangan

Timbangan analog lebih dahulu digunakan sebelum ditemukannya teknologi elektronik untuk timbangan digital. Menurut catatan sejarah, timbangan analog yang paling tua adalah neraca/timbangan sama lengan (equal arm balance). Timbangan analog, baik itu timbangan gram kasar maupun timbangan gram halus (analitik), pada dasarnya memiliki bagian-bagian utama yang sama.

Bila anda memerlukan alat laboratorium kesehatan kimia pertanian farmasi lingkungan fisika biologi harga murah distributor di Bogor, maka hubungi kami sekarang. Perusahaan alatalatlab.com jual alat-alat gelas uji ke jakarta surabaya bandung semarang medan cirebon balikpapan bekasi banjarmasin banjarbaru batam banyuwangi bali cikarang tangerang city banten malang pekanbaru jogja makassar pontianak palembang dan seluruh Indonesia.

Apa pengertian timbangan analitik?

Timbangan analitik adalah salah satu jenis alat laboratorium yang digunakan untuk mengukur massa (bobot) suatu benda dalam takaran kecil. Biasanya digunakan laboran untuk keperluan analisis atau uji dengan prosedur tertentu.

Apa saja jenis timbangan analitik di laboratorium?

Secara umum dikenal 2 jenis timbangan analitik, yakni tipe digital dan analog. Perbedaan keduanya terletak pada kemudahan pengoperasian, harga dan prinsip kerjanya. Harga timbangan analitik digital lebih mahal dibandingkan yang tipe analog.

Berapa harga timbangan analitik?

Spesifikasi dan merek sangat mempengaruhi harga timbangan analitik. Faktor yang paling menentukan harga adalah tingkat ketilitian (jumlah digit setelah koma). Semakin teliti, semakin mahal.

Dimana saya bisa membeli timbangan analitik terbaik?

Anda bisa membeli timbangan analitik melalui laman web alatalatlab.com. Kontak saja melalui widget yang tertera di kanan bawah atau no hape melalui laman kontak.

Tags:sejarah timbangan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.