Harga Mikroskop Binokuler Digital Plus Kelebihan & Kekurangan

Harga Mikroskop Binokuler Digital Plus Kelebihan & Kekurangan

Harga mikroskop laboratorium untuk melihat mikroorganisme bergantung pada merk, jenis, dan model. Beberapa merek mikroskop termahal diantaranya adalah Olympus. Alat laboratorium ini juga bervariasi jenis dan modelnya. Diantaranya adalah mikroskop cahaya, digital, monokuler dan binokuler, stereo dan mikroskop elektron. Oh iya, mikroskop bekas dan model lama tentu lebih murah dibandingkan mikroskop keluaran terbaru.

Kali ini, alatalatlab.com akan membahas tuntas tentang harga mikroskop terbaru.

Tahukah kamu berapa kisaran harga mikroskop yang ada di laboratorium? Entah itu mikroskop di laboratorium sekolah, industri, maupun lembaga penelitian, semuanya memiliki harga yang berbeda-beda. Di antara berbagai jenis mikroskop, bisakah anda menebak berapa harga termahalnya?

Predikat mikroskop termahal jatuh pada mikroskop merek Olympus yang berjenis stereo model non-imuniasi, yaitu mencapai USD 4000 atau sekitar 58 juta rupiah.

Oke, itu baru harga termahalnya saja, berikut ini adalah harga-harga mikroskop lainnya yang harus anda ketahui.

Harga Mikroskop Berdasarkan Merek

Mikroskop Olympus

Harga Mikroskop Binokuler Digital Plus Kelebihan & Kekurangan

Dilansir dari laman microscopemaster.com, harga mikroskop Olympus adalah kurang dari USD 2000 untuk model non-imuniasi dan lebih dari USD 4000 untuk mirkoskop stereo. Untuk harga yang bekasnya bisa sepertiga lebih murah dibandingkan dengan harga mikroskop barunya. Harga Olympus termasuk kompetitif bila dibandingkan model mikroskop dari Nikon dan Leica.

Sebelum anda membeli mikrokop Olympus, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan mikroskop Olympus.

Kelebihan

Mudah digunakan karena dilengkapi dengan teknologi Comfort View. Dengan fitur ini, anda bisa bekerja lebih cepat dan lebih produktif karena anda bisa melakukan adjusting eye poind dan pupil abberation untuk mendapatkan penglihatan paling tepat

Obyek dapat terlihat lebih detil dan full-color image. Fitur Greenough optics system di Olympus memungkinkan anda melihat obyek lebih detil.

Kekurangan

Sistem pembesaran kompleks berjenis dikrit, pembesaran tunggal dan zooming system. Sulit untuk menggunakan sistem yang kompleks bagi pengguna awam. Namun, akan semakin mudah seiring pengalaman.

Suku cadang terbatas untuk model lama. Pnegguna harus mencari suku cadang yang rusak di situs lelang seperti ebay. Hal ini memakan waktu dan effort yang ekstra.

Mikroskop Nikon

Mikroskop Nikon E200 sudah dilengkapi LED untuk sumber pencahayaannya. Versi halogen pada seri ini sudah tidak diproduksi, versi terbaru bisa didapatkan toko amazon.com dengan harga $1500 saja. Berikut kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan

Nikon Eclipse 200 memiliki kualitas optikal yang jelas dan tajam untuk apapun objek yang diamati. Body kuat, pengaturan perbesaran sangat mudah dikontrol. Sangat cocok untuk kegiatan multi-user di laboratorium.

Kekurangan

Jumlah nosepiece hanya empat.

Mikroskop Bysameyee Handheld

Manufaktur mikroskop ini menghadirkan mikroskop digital USB yang bisa dikoneksikan dengan perangkat lain, terutama handphone dan laptop. Mikroskop ini dihandel oleh endoskop dengan perbesaran (magnifikasi) 40 hingga 1000 kali. Selain itu, juga dilengkapi dengan 8 kamera video mini  untuk Mac 7/8/10, Linux, Windows, dan Android.

Knob pengatur fokus bisa digunakan pada semua perangkat, tetapi tombol ZOOM dan SNAP hanya bisa digunakan pada sistem operasi Windows, Mac, dan aplikasi Android. Penggunaan dengan Windows dan Android membutuhkan software khusus, sedangkan Mac tidak membutuhkan. Mikroskop Bysameyee Handheld dihargai sekitar 14,99 poundsterling saja di amazon.co.uk Bisa dikatakan kalau mikroskop ini memiliki harga jual termurah di pasaran

Kelebihan

Bisa dijalankan melalui software di berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac, Android, Chrome, dan Linux. Fokus 10 mm hingga 250 mm, rasio magnifikasi mencapai 1000 kali. Mudah digunakan. Adanya software gratis yang telah disediakan membuat pengguna mudah mengoperasikannya.

Kekurangan

Kualitas case (kerangka) kurang baik, tidak mampu bertahan lama. Terkadang sistem disc tak bisa bekerja dengan baik. Instruksi yang ada pada kemasan sulit dipahami. Tidak ada tombol on-off, sehingga sulit untuk menghemat baterai LED.

Harga Mikroskop Berdasarkan Jenisnya

Mikroskop Cahaya

Mikroskop jenis ini sangat berpengaruh pada perkembangan sains, terutama bidang farmasi dan biologi. Objek yang dapat diamati hanyalah berupa sampel sederhana, tidak seperti mikroskop elektron yang mampu mengamati virus, molekul, hingga atom. Oleh karena itu, wajar saja kalau mikroskop cahaya lebih murah dibandingkan mikroskop elektron.

Bersumber dari bukalapak.com, mikroskop cahaya bermerek TRUSCO dibanderol dengan harga 1,5 juta rupiah saja. Berikut kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan

Mudah digunakan, dapat digunakan untuk mengamati mikroorganisme sederhana. Harga terhitung murah.

Kekurangan

Tidak bisa diperbesar hingga 2000 kali. Tidak bisa digunakan untuk mengamati virus, molekul, dan atom. Hasil gambar terkadang tidak jelas.

Mikroskop Elektron

Mikroskop jenis ini memanfaatkan konsep elektro magnetik dan elektro statik untuk menghasilkan gambar dari objek yang diamati. Mikroskop ini dikenal memiliki resolusi gambar, perbesaran, kontrol cahaya yang lebih mumpuni dari mikroskop lain. Berikut adalah daftar harga mikroskop elektron dari beberapa toko.

MerekHargaToko
SanHong TechRp 5.985.000Alibaba
YazumiRp 3.700.000Bukalapak
AmScopeRp 12.507.300Java Indo Tech
OregonRp 3.000.000Bukalapak

Kelebihan

Mampu mengamati objek kompleks seperti virus, dan objek kecil seperti molekul dan atom. Hasil gambar sangat jelas dan bisa diperbesar hingga 2000 kali. Sangat baik digunakan pada bidang medis, biologi, forensik, nanoteknologi, metalurgi, dan bidang sains lainnya.

Kekurangan

Harga dan biaya perawatan cenderung mahal. Diperlukan teknik khusus untuk menggunakan mikroskop jenis ini, tidak seperti mikroskop lain yang mudah digunakan. Bodynya besar, sehingga membutuhkan area yang besar pula untuk menaruh mikroskop ini supaya tetap aman.

Diperlukan pemeliharaan atau perawatan yang memadai, karena sangat rentan terjadi kerusakkan pada lensa elektromagnetik, suplai tegangan, dan sirkulasi udaranya.

Mikroskop Stereo

Mikroskop stereo juga biasa disebut dengan mikroskop binokuler. Biasa digunakan untuk mengamati objek yang hanya memerlukan sedikit perbesaran. Cahaya yang digunakan untuk mikroskop ini adalah pantulan cahaya dari sampel yang diamati.

Mikroskop stereo memiliki dua lensa okuler yang membolehkan pengamatnya menggunakan dua mata sekaligus untuk mengamati objek. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri bagi mikroskop ini, karena memang pengamatan menggunakan dua mata lebih mudah daripada hanya menggunakan satu mata.

Dilansir dari bukalapak.com mikroskop stereo dijual dengan harga Rp 925.000 saja.

Kelebihan

Sangat mudah digunakan, karena mayoritas menggunakan konsep Comfort of View. Mampu membuat pengamat bekerja lebih cepat. Detail gambar bagus, jelas, serta full color.

Kekurangan

Penaruhan mikroskop pada area yang sempit akan menghasilkan hasil gambar yang kurang bagus. Dibutuhkan adanya proyektor untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal.

Mikroskop Fase Kontras

Mikroskop jenis ini biasa digunakan untuk melihat objek biologi yang tidak bercacat. Bagian-bagian sel dapat diamati dengan mikroskop ini, seperti lisosom, badan golgi, mitokondria, dan lainnya. Sebelum mikroskop ini ditemukan, peneliti sering kesulitan untuk mengamati mikroorganisme hidup. Mikroskop fase kontras datang dengan iluminasi cerah yang tak terbatas.

Kelebihan

Mampu digunakan untuk melihat mikroorganisme hidup. Kontras tinggi dan hasil gambar berresolusi besar. Sangat ideal untuk penelitian yang mengamati spesimen tipis. Dapat dikombinasikan dengan observasi lain seperti flouresens. Dilengkapi dengan perangkat komputer CCD atau CMOS.

Kekurangan

Fitur annuli membuat resolusi berkurang. Tidak cocok untuk mengamati objek atau partikel yang tebal, hasil gambar akan terdistorsi jika dipaksakan untuk melihat objek yang tebal. Fotomikrrografi kurang baik, sehingga terkadang membuat hasil gambar hanya berwarna hijau atau abu-abu saja. Adanya efek halo membuat objek yang diamati dikelilingi oleh cincin cahaya, yangmana membuat hasil gambar kurang baik.

Harga mikroskop untuk Siswa Sekolah dan Mahasiswa

Daftar harga mikroskop yang diambil dari marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak per 17 Mei 2019 adalah sebagai berikut.

Merk dan model mikroskopHargaToko
Kamera mikroskop sigma full hd unt microscope olympus cx 31 trinokularRp 27.500.000Tokopedia
Mikroskop digital olympus cx33 trinokuler yang dapat dihubungkan ke laptop – mikroskop cx33 multimediaRp 42.000.000Bukalapak
Mikroskop binokuler olympus cx 23 led ( binocular microscope )Rp 18.000.000Tokopedia
Microscope Olympus Cx-22 MurahRp 23.760.000Tokopedia
Olympus cx22 biological microscopeRp 18.000.000Bukalapak
Microscope sunshine szm45-b1Rp 2.700.000Tokopedia
Microscope olympus sz61Rp 7.500.000Bukalapak
Microscope olympus cx23Rp 16.000.000Bukalapak
Microscope digital dudukan fullsetRp 1.100.000Bukalapak

Untuk kebutuhan mikroskop, percayakan kepada PT. Andaru Persada Mandiri.

Harga Mikroskop Binokuler Digital Plus Kelebihan & Kekurangan
5 (100%) 24 vote[s]

Tags:mikroskop bysameyee, harga mikroskop digital

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

082298882221