Jenis Jenis Neraca Analitik

Jenis jenis timbangan analitik secara umum ada 2, yakni jenis analog dan digital (elektronik). Namun, berdasarkan timbangan beserta gambar bagian bagian fungsinya secara lengkap dibahas oleh distributor alat-alat laboratorium. Jenis timbangan digital (elektronik) dan timbangan analog (mekanik) adalah 2 macam timbangan yang paling banyak digunakan.

Kami rekomendasikan anda untuk membaca pengertian timbangan dan sejarah timbangan yang merupakan salah satu jenis alat-alat laboratorium.

Pengertian Timbangan Analitik

Timbangan analitik adalah jenis timbangan yang digunakan untuk mengukur massa benda sangat teliti hingga ukuran miligram. Jenis timbangan ini harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan timbangan biasa. Semakin tinggi presisi dan akurasi (tingkat ketelitian) timbangan analitik, maka harganya akan semakin mahal. Ketelitiannya timbangan analitik sangat tinggi.

Namun demikian, terkadang merk/brand juga ikut menentukan harga timbangan. Salah satu merk timbangan yang terkenal adalah Ohaus (orang Indonesia sebagian menuliskan Ohauss). Slamet Purwanto yang pernah bekerja di laboratorium Pusat Penelitian Surfaktan dan Bioenergi IPB juga sempat ditugaskan untuk membeli timbangan analitik.

Jenis Timbangan Analitik

Jenis Timbangan Analitik Beserta  Gambar Bagian-bagian dan Fungsinya Lengkap 2019
Gambar Jenis Timbangan Analitik Beserta Gambar Bagian-bagian dan Fungsinya Lengkap 2019

Timbangan analog/manual/mekanik

Timbangan analog/manual/mekanik adalah jenis timbangan yang tidak menggunakan tenaga listrik untuk mengetahui bobot benda tertimbang. Prinsip kerja timbangan jenis ini secara teknis dengan cara digantung, ditekan atau dengan tuas. Contoh jenis timbangan ini adalah timbangan badan, neraja meja atau timbangan duduk.

Timbangan digital

Timbangan digital adalah jenis timbangan yang menggunakan tenaga listrik untuk mengetahui bobot benda tertimbang. Disebut juga dengan timbangan elektrik atau elektronik. timbangan ini penggunaanya lebih mudah karena bekerja secara otomatis. Contohnya adalah timbangan di pasar swalayan.

timbangan kasar

timbangan kasar adalah jenis timbangan yang memiliki tingkat ketelitian (kepekaan tau sensitifitas) rendah.

Timbangan analitik atau timbangan miligram

timbangan analitik atau timbangan miligram adalah jenis timbangan yang memiliki tingkat ketelitian tinggi karena mampu menimbang beda hingga ukuran miligram. 1 gram setara dengan 1000 miligram. Jenis timbangan ini disebut juga dengan timbangan halus. Banyak digunakan oleh farmasi untuk menimbang obat atau toko emas untuk menimbang perhiasan. Harga timbangan analitik umumnya lebih mahal. Kalibrasi timbangan laboratorium perlu dilakukan secara berkala.

Tera timbangan

Tera timbangan adalah ketika anda melakukan pengenolan suatu wadah dan anda hanya ingin mengetahui bobot benda tertimbang. Kegiatan tera (tare) ini dilakukan pada timbangan analitik dan analog. Oleh karena itu anda perlu seksama dan hati-hati ketika menggunakan timbangan.

Gambar Timbangan Analitik Analog

timbangan analitik analog
Gambar 1. Contoh foto timbangan analitik jenis analog – timbangan sama lengan

Gambar Timbangan Analitik Digital

timbangan analitik digital
Gambar 2. Contoh foto timbangan analitik digital

Ketelitian timbangan sangat berkaitan erat dengan kapasitas timbangan. Kapasitas disini diartikan sebagai bobot benda maksimal. Jika bobot benda yang ditimbang melebihi kapasitas, maka hal ini akan mempengaruhi ketelitian timbangan. Oleh karena itu, perhatikan betul kapasitas timbangan ketika anda menggunakan timbangan analitik.

Kapasitas timbangan analitik digital umumnya berkisar di angka 210-220 gram dengan ketelitian 0,1 miligram (setara dengan 0,0001 gram).

Jenis Timbangan Digital

Untuk mengoperasikan timbangan digital diperlukan aliran tenaga listrik. Beberapa orang menyebutkan bahwa timbangan digital adalah timbangan elektronik. Cara kerjanya berbeda dengan timbangan mekanik/analog di atas.

Wikiscales.com menyebutkan bahwa ada 2 jenis timbangan elektronik yang dominan digunakan di laboratorium. Jenis timbangan digital tersebut adalah tipe hibrid dan timbangan dengan gaya elektromagnetik (Electromagnetic Force Balance).

Timbangan digital hibrid

Timbangan hibrid bekerja secara mekanis dan menggunakan gaya elektromagnetis.

bagian bagian timbangan analitik hybrid
Gambar Sketsa bagian bagian timbangan analitik hybrid

Timbangan digital elektomagnetik

Ada 2 cara kerja Electromagnetic Force Balance adalah sebagai berikut. Pertama, gaya magnet menyeimbangkan seluruh beban, baik dengan levitasi langsung atau melalui fixed-ratio lever system. Cara kerja kedua, perhitungan beban dengan keseimbangan mekanisme elektromekanis bersifat tidak konstan, namun bervariasi sesuai dengan beban yang ditimbang. Lihat gambar bagian bagian timbangan hybrid berikut.

Cara mengoperasikan timbangan digital

Pengoperasian timbangan digital terbilang lebih mudah jika dibandingkan dengan timbangan analog. Seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat pun lebih menyukai timbangan digital, terlebih lagi yang bekerja di laboratorium.

Jenis Timbangan Lain di Pasaran

Selain timbangan diatas, masih ada macam-macam timbangan lainnya. Diantaranya adalah timbangan baby scale (bayi), timbangan barang, timbangan beres/padi, timbangan bebek, timbangan buah, timbangan buku, timbangan dacin, timbangan dapur/kue/makanan/roti, timbangan hybrid, timbangan injak/kamar mandi/lantai, timbangan jongkok/kodok, timbagan jarum, timbangan pocket/portable, timbangan serbaguna/warung, timbangan surat dan timbangan tradisional/konvensional. Kami berharap dapat mengulas jenis-jenis timbangan ini di lain waktu.

Itulah ulasan mengenai bagian bagian timbangan beserta fungsi dan gambarnya. Semoga bermanfaat.

Apa pengertian timbangan analitik?

Timbangan analitik adalah salah satu jenis alat laboratorium yang digunakan untuk mengukur massa (bobot) suatu benda dalam takaran kecil. Biasanya digunakan laboran untuk keperluan analisis atau uji dengan prosedur tertentu.

Apa saja jenis timbangan analitik di laboratorium?

Secara umum dikenal 2 jenis timbangan analitik, yakni tipe digital dan analog. Perbedaan keduanya terletak pada kemudahan pengoperasian, harga dan prinsip kerjanya. Harga timbangan analitik digital lebih mahal dibandingkan yang tipe analog.

Berapa harga timbangan analitik?

Spesifikasi dan merek sangat mempengaruhi harga timbangan analitik. Faktor yang paling menentukan harga adalah tingkat ketilitian (jumlah digit setelah koma). Semakin teliti, semakin mahal.

Dimana saya bisa membeli timbangan analitik terbaik?

Anda bisa membeli timbangan analitik melalui laman web alatalatlab.com. Kontak saja melalui widget yang tertera di kanan bawah atau no hape melalui laman kontak.

Tags:fungsi timbangan, bagian bagian neraca analitik, komponen timbangan digital, gambar timbangan digital, fungsi timbangan gram dan miligram

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.