Komponen Mikroskop Cahaya dan Fungsinya +Cara Kalibrasi Lengkap

Komponen Mikroskop Cahaya dan Fungsinya +Cara Kalibrasi Lengkap

Komponen mikroskop cahaya dan fungsinya perlu dikenali oleh siswa sekolah, terutama yang mengambil jurusan IPA. Pengenalan mikroskop dan komponen penyusunnya, telah dimulai sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan dilanjutkan di jenjang SMA. Baca artikel kami tentang sejarah mikroskop lengkap.

Hampir setiap siswa SMP dan SMA yang mengikuti kelas biologi biasanya mempelajari tentang sel dan makhluk hidup renik. Pengamatan terhadap kedua obyek tersebut memerlukan mikroskop. Jenis mikroskop yang paling sering digunakan di sekolah adalah mikroskop cahaya.

Ciri mikroskop cahaya

Penggunaan mikroskop cahaya cukup simpel karena tidak memerlukan listrik dalam proses operasinya. Penerangan terhadap sampel dilakukan dengan memanfaatkan cahaya matahari. Itulah mengapa ketika siswa sedang praktikum menggunakan mikroskop, maka mereka berusaha untuk mencari tempat yang terang dengan sinar matahari. Kecukupan sinar matahari menjadi syarat untuk dapat melihat objek sampel dengan baik.

Salah satu ciri mikroskop cahaya adalah untuk menerangi obyek maka menggunakan sumber cahaya dari sinar matahari. Sinar matahari yang sifatnya baur difokuskan dengan cermin datar atau cermin cekung kemudian diarahkan ke kondensor melewati obyek yang diletakkan di atas kaca preparat. Baca artikel kami tentang mikroskop binokuler.

Kalibrasi mikroskop cahaya

Untuk melakukan kalibrasi mikroskop cahaya secara benar, anda perlu mengkalibrasi reticle menggunakan mikrometer meja. Sejajarkan garis nol (awal) mikrometer meja dengan garis sejajar reticle mikroskop. Pindai secara hati-hati sehingga anda barisan garis muncul (microscopeworld.com, 2019). Untuk lebih detailnya, silakan lihat tayangan video berikut.

Gambar mikroskop cahaya dan penjelasannya

Komponen Mikroskop Cahaya dan Fungsinya +Cara Kalibrasi Lengkap
Gambar Komponen Mikroskop Cahaya dan Fungsinya

Komponen mikroskop cahaya dan fungsinya

Ada banyak komponen yang ada dalam sebuah mikroskop cahaya sehingga obyek terlihat maksimal. Siswa sekolah perlu mengetahui fungsi dari masing-masing bagian tersebut. Guru biologi dapat mengenalkan setiap komponen mikroskop sebelum mulai menggunakannya.

Bagian-bagian mikroskop cahaya lengkap dengan fungsinya dapat anda baca pada penjelasan berikut ini

Lensa Okuler

Bagian mikroskop utama yang perlu diketahui oleh siswa adalah lensa okuler. Lensa ini terletak di bagian ujung atas mikroskop yang dekat dengan mata pengamat. Bagian ini berfungsi untuk memperbesar bayangan dari objek sekitar 3 sampai dengan 25 kali lipat dari ukuran objek sesungguhnya.

Kemampuan lensa okuler dalam memperbesar benda bergantung pada seri dan brand dari suatu mikroskop. Beberapa diantara seri dan brand hanya mampu melakukan perbesaran hingga 15 kali lipat saja. Baca juga ulasan kami tentang timbangan analitik.

Tabung Mikroskop (Kondensor)

Anda akan dapat melihat bagian yang menghubungkan antara lensa okuler dengan lensa objektif. Bagian tersebut dinamakan tabung mikroskop. Tabung ini diatur dengan jalan menaikkan dan menurunkan untuk mendapatkan fokus yang tajam. Jadi tabung ini tidak hanya memiliki satu fungsi saja, melainkan dua fungsi.

Lengan Mikroskop

Bagian yang menghubungkan antara tabung mikroskop dengan kaki mikroskop (landasan) disebut lengan mikroskop. Lengan ini berfungsi juga sebagai pegangan pengguna pada saat memindahkan mikroskop ke suatu tempat ke tempat lain.

Landasan 

Mikroskop juga memiliki bagian yang disebut dengan landasan. Bagian ini berfungsi sebagai penyokong mikroskop, agar dapat berdiri secara stabil dan aman.

Lensa Objektif

Selain dari lensa okuler, mikroskop juga memiliki lensa objektif. Lensa ini terletak dekat dengan objek pengamatan. Anda akan dapat mengatur perbesaran yang diinginkan dengan mengatur perbesaran yang tepat. Seluruh lensa objektif berfungsi untuk membentuk bayangan yang nyata, terbalik, dan diperbesar. Lensa ini memungkinkan pengguna untuk melihat objek dengan ukuran mikrometer.

Dalam satu mikroskop biasanya terdapat pilihan lensa objektif sebanyak 4 perbesaran. Namun, beberapa mikroskop ada yang hanya memiliki pilihan lensa objektif sebanyak 3 saja. Berkat perkembangan teknologi, maka Anda akan dapat menemukan mikroskop cahaya yang mampu melakukan perbesaran sampai dengan 400 kali lipat dan bahkan 1000 kali lipat.

Anda bisa saja membeli mikroskop ini di Toko Alat Lab dengan website www.alatalatlab.com. Ada banyak sekali jenis mikroskop yang dijual. Bahkan, Anda juga akan dapat membeli mikroskop lainnya, seperti mikroskop elektron dan stereo.

Lensa Kondensor

Bagian-bagian mikroskop cahaya dan fungsinya yang lain adalah lensa kondensor yang berfungsi sebagai pengumpul cahaya. Komponen ini juga termasuk kedalam bagian mikroskop pengatur cahaya.

Diafragma

Setiap mikroskop cahaya selalu memiliki diafragma yang memang bertugas untuk mengatur jumlah cahaya yang akan menerangi objek. Terdapat pilihan beberapa cakram dengan berbagai ukuran yang dapat diputar dan pilih sesuai dengan keperluan. Bagian ini selalu ada di mikroskop cahaya, sehingga menjadi salah satu ciri mikroskop cahaya.

Revolver

Bagian selanjutnya yang ada di mikroskop cahaya adalah revolver. Bagian ini dapat diputar untuk mengatur perbesaran lensa objektif. Baca juga artikel kami tentang harga mikroskop.

Meja Mikroskop

Anda yang akan mengamati suatu objek, perlu meletakkan objek tersebut kedalam kaca preparat. Setelah mempersiapkan objek dalam kaca preparat, maka Anda perlu meletakkannya di meja mikroskop.

Klip

Saat preparat berisi objek diletakkan di bagian meja mikroskop, maka preparat tersebut masih sangat rentan dengan berbagai pergeseran yang dapat membuatnya jatuh dan pecah. Hal ini tentu akan menjadi masalah besar saat sampel yang diamati memiliki jumlah yang terbatas. 

Untuk mengatasi masalah itu, Anda perlu untuk menggunakan klip di mikroskop untuk mengunci preparat dan mencegahnya dari berbagai pergeseran. Ini sangat penting untuk dilakukan.

Pemutar Halus

Mikroskop juga memiliki pemutar halus yang juga biasa disebut dengan mikrometer. Pemutar halus ini memungkinkan untuk menaikkan maupun menurunkan tabung mikroskop dengan pergerakan pelan untuk bisa mendapatkan fokus yang lebih diinginkan.

Pemutar Kasar

Kebalikan dari pemutar halus, maka pemutar kasar dipergunakan untuk menaikkan dan menurunkan tabung mikroskop dengan cepat. Pemutar ini digunakan saat tabung berada di posisi yang sangat jauh dari letak seharusnya untuk mencapai fokus yang baik.

Seluruh komponen yang sudah disebutkan selalu ada di setiap mikroskop cahaya konvensional. Mikroskop cahaya ini terdapat dua jenis yaitu mikroskop cahaya monokuler dan binokuler. 

Masing-masing dari jenis tersebut memiliki komponen yang sama, sehingga bagian-bagian mikroskop monokuler cahaya maupun binokuler cahaya akan sama dengan penjelasan tersebut. Hal ini juga berlaku bagi mikroskop cahaya listrik, sehingga bagian dan fungsi mikroskop cahaya listrik akan sama dengan yang sudah dijelaskan.

Rekomendasi Distributor Alat Laboratorium di Bogor

Anda yang berminat membeli mikroskop atau peralatan laboratorium lainnya, maka anda dapat segera menghubungi distributor alat laboratorium di website alatalatlab.com. Anda juga akan dapat menghubungi melalui telepon dan email yang dapat dilihat dari website tersebut. Toko ini menjual banyak brand dan seri, sehingga Anda dapat memilih mikroskop cahaya yang sesuai dengan keperluan Anda.

Apakah yang dimaksud dengan mikroskop?

Mikroskop adalah alat bantu penglihatan untuk melihat obyek yang ukurannya sangat kecil (mikroskopis, mikron). Mikroskop umum digunakan di laboratorium biologi dan mikrobiologi. Mikroskop binokuler adalah jenis mikroskop yang memiliki 2 lensa okuler sehingga obyek dapat terlihat stereo.

Apa bagian-bagian mikroskop yang utama?

Sebuah mikroskop tersusun atas 3 (tiga) bagian utama, yaitu bagian optik, bagian mekanik, dan bagian pendukung

Apa saja jenis-jenis mikroskop?

Jenis mikroskop yang utama adalah mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. Kemajuan perkembangan teknologi memunculkan varian mikroskop seperti mikroskop biologi (Biological Microscope), mikroskop majemuk (Stereo Microscope), mikroskop fluoresensi (Fluorescence Microscope), mikroskop monokuler (Monokuler Microscope), mikroskop binokuler (Binokuler Microscope) dan mikroskop trinokuler (Trinokuler Microscope)

Berapa harga mikroskop saat ini? Dimana saya bisa beli mikroskop?

Harga mikroskop cukup variatif dan dinamis. Ada yang harganya jutaaan hingga ratusan juta. Anda bisa melihat harga mikroskop terbaru di https://www.alatalatlab.com/harga-mikroskop/. Jika berminat membeli mikroskop, maka silakan hubungi kami sekarang.

Tags:foto mikroskop, sketsa mikroskop, cara kalibrasi mikroskop, dimana letak pegangan ke dua mikroskop, gambar mik

Last Updated on by

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.