Neraca Ohaus

Neraca Ohaus merupakan alat ukur besaran pokok, yaitu massa. Ketelitian neraca Ohaus sangat tinggi hingga 0,01 gram.

Pendiri Perusahaan Ohaus

sejarah neraca ohaus

Menurut Wikipedia, sejarah neraca Ohaus bermula dari didirikannya OHAUS Corporation pada tahun 1907 oleh Gustav Ohaus. Dia bekerjasama dengan ayahnya (Karl), seorang warga Jerma yang ahli mekanis timbangan. Mereka secara bersama-sama mendirikan perusahaan jasa service timbangan di Newark, New Jersey.

Maka hingga kini perusahaan tersebut telah berusia lebih dari 100 tahun. Neraca Ohaus merupakan merk neraca timbangan analtik yang terkemuka di dunia.

Jenis Neraca Ohaus

Neraca Ohaus. Neraca ini dibedakan menjadi beberapa jenis lagi sesuai dengan jumlah lengan yang menjadi bagian neraca tersebut. Perhatikan gambar berikut.

Neraca Ohaus Digital

timbangan portable digital ohaus scout pro

Ilustrasi gambar timbangan portable digital ohaus scout pro (oxprow, edited)

Pada tahun 1979, Ohauss mulai menggunakan teknologi digital sehingga neraca elektronik pun mulai diproduksi pada tahun tersebut. Teknologi ini memungkinkan menimbang benda secara lebih cepat.

Salah satu jenis neraca ohaus digital adalah timbangan elektronik portabel Ohaus Scout Pro (oxprow). Timbangan ini cukup ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Kapasitas maksimal jenis timbangan portabel ini adalah 200 gram dengan tingkat ketelitian 0,01 gram. Harga timbangan portabel ini sekitar USD 200 (per 10 Februari 2018).

Neraca Lengan Ohaus (Manual)

Namun demikian, Ohaus juga masih menjual produk neraca manual. Berdasarkan jumlah lengan, neraca o hauss dibagi menjadi:

  • Neraca ohaus 2 (dua) lengan atau neraca sama lengan(Ohaus double beam balance)
  • Neraca ohaus 3 (tiga) lengan (Ohaus triple beam balance)
  • Neraca ohaus 4 (empat) lengan

Bagian neraca lengan yang penting adalah anak timbangan. Neraca lengan bekerja dengan prinsip/teori keseimbangan. Jika anda pernah mendengar lagu tentang membuat layang-layang (..kutimbang dengan benang..), maka anda akan mudah memahami cara kerja neraca ini.

Hal inilah yang menjada landasan teori neraca lengan, neraca ayun atau timbangan pegas gantung. Dengan demikian tujuan neraca adalah keseimbangan. Pengertian neraca/timbangan dapat dipahami dengan mudah berdasarkan prinsip ini.

Cara Kerja Neraca Ohaus

Cara kerja neraca ohaus 2 lengan dapat diibaratkan seperti cara kerja lengan manusia. Jika salah satu lengan anda memegang benda yang telah diketahui bobotnya (anak timbangan), maka anda dapat mengetahui bobot benda di salah satu lengan lainnya pada saat lengan anda merasa setimbang antara lengan kanan dan lengan kiri. Ya, bisa dikatakan seperti tuas kesetimbangan (atau waterpass). Baca juga fungsi dan cara kerja neraca digital.

Neraca Ohaus adalah salah satu alat untuk mengukur massa secara analog yang paling banyak digunakan di laboratorium. Prinsip kerja neraca ohaus seperti tuas sehingga sering disebut juga dengan neraca tuas. Penggunaan neraca ohaus dipandang kurang efektif dibandingkan dengan neraca analitik. Pada bagian lain akan dibahas tentang bagian-bagian neraca ohaus. Anda dapat membaca artikel tentang bagian-bagian neraca/timbangan secara keseluruhan.

Timbangan analitik laboratorium umumnya lebih teliti dan peka mengukur massa. Sayangnya timbangan dengan ketelitian tinggi biasanya lebih cepat rusak. Supaya tidak cepat rusak, yuk simak cara menggunakan timbangan laboratorium berikut ini.

Semoga artikel tentang timbangan ini memberikan manfaat buat anda. Anda kini bisa men-jelaskan fungsi neraca dan guna timbangan kan?

Apa yang dimaksud dengan neraca analitik?

Neraca analitik adalah alat pengukur massa dengan tingkat ketelitian tinggi hingga miligram. Di laboratorium, timbangan analitik ini digunakan untuk menimbang bahan kimia yang sifatnya pro analytic (PA).

Apa fungsi neraca analitik?

Fungsi timbangan analitik adalah untuk menimbang bahan dalam takaran sangat kecil

Langkah langkah menggunakan neraca analitik?

Letakkan neraca di meja datar
Lakukan kalibrasi dengan memastikan gelembung udara di bagian tengah (tipe digital)
Nyalakan neraca dengan menekan tombol ON
Letakkan wadah sampel (bahan uji) di atas piringan neraca
Tekan Tombol TARE
Ambil sampel dan masukkan ke dalam wadah sampel hingga bobot yang diinginkan
Catat bobot sampel
Ulangi step 4-7 untuk duplo atau jenis sampel lainnya

Berapa ketelitian neraca analitik?

Neraca analitik memiliki tingkat ketelitian hingga miligram (0,001 gram) bahkan hingga 4 digit di belakang koma (0,0001 gram)

Apa fungsi desikator?

Desikator berfungsi untuk menstabilkan bobot bahan tertimbang setelah dikeluarkan dari oven. Uap air diikat oleh butiran silika gel yang diletakkan di bagian bawah desikator.

Tags:gambar neraca analitik, Fungsi neraca, fungsi neraca analitik, fungsi neraca ohaus, fungsi anak timbangan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.