Perbedaan Mikroskop Cahaya Stereo Elektron SEM TEM STM Lengkap

Perbedaan Mikroskop Cahaya Stereo Elektron SEM TEM STM Lengkap

Perbedaan Mikroskop Cahaya Sterero Elektron SEM TEM STM Lengkap untuk melengkapi kebutuhan alat laboratorium dibahas tuntas oleh distributor alat-alat laboratorium. Sejarah dan perkembangan teknologi mikroskopi dan lensa memungkinkan hadirnya beberapa jenis mikroskop canggih, seperti mikroskop elektrik, stereo, elektron, TEM, SEM, dan STM. Anda perlu untuk mengetahui perbedaan dari setiap jenis mikroskop tersebut.

Tahukah anda bahwa saat ini terdapat banyak jenis mikroskop bermunculan? Anda perlu tahu tentang sejarah mikroskop, bahwa jenis mikroskop paling sederhana dan kuno adalah mikroskop cahaya.

Kegunaan mikroskop dalam dunia penelitian dan pendidikan begitu penting. Para ilmuwan dan ahli teknologi dari seluruh dunia berusaha untuk mengembangkan mikroskop. Oleh karenanya, kini dapat dijumpai jenis mikroskop yang dapat melihat benda dengan skala ukuran yang semakin kecil lagi. Tidak hanya mikro, tetapi nano.

Faktor Pembeda Mikroskop Cahaya dan Jenis Mikroskop Lainnya

Ada banyak beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya perbedaan dari mikroskop. Beberapa diantaranya adalah jumlah lensa untuk menghasilkan perbesaran, komponen khusus yang ada di mikroskop, sumber cahaya yang digunakan, faktor kali perbesaran yang dihasilkan, dan lain sebagainya. Setiap dari perbedaan tersebut dapat Anda ketahui sebagai berikut.

Perbedaan Mikroskop Cahaya Stereo Elektron SEM TEM STM Lengkap
Gambar ilustrasi Perbedaan Mikroskop Cahaya Stereo Elektron SEM TEM STM Lengkap

Perbedaan Mikroskop Cahaya dan Elektrik

Mikroskop cahaya

Mikroskop cahaya adalah jenis mikroskop yang menggunakan cahaya matahari untuk melakukan fungsi utamanya dalam memperbesar image (bayangan) benda. Mikroskop tersebut paling mudah untuk digunakan dibandingkan dengan jenis mikroskop modern lainnya. Oleh karena itu, kegunaan mikroskop cahaya untuk melihat tampilan sel dan jasad renik telah diperkenalkan sejak SMP dan SMA.

Sebuah mikroskop cahaya yang berkualitas bagus dapat melakukan perbesaran sampai dengan 1500 kali lipat. Jenis mikroskop ini penggunaannya tidak memerlukan tekanan udara vakum dan listrik.

Penggunaan dan perawatan mikroskop cahaya cukup mudah. Silakan anda baca artikel kami tentang cara menggunakan mikroskop.

Salah satu perbedaan mikroskop cahaya dan elektrik yang paling nyata adalah penggunaan sumber daya listrik untuk mengoperasikan kamera. Mikroskop cahaya tidak memerlukan listrik, sedangkan mikroskop elektrik memerlukan listrik untuk menyalakan lampu yang menerangi obyek.

Mikroskop Elektrik (Listrik)

Mikroskop elektrik adalah jenis mikroskop yang dikembangkan dari mikroskop cahaya yang terbatas penggunaannya karena memerlukan sinar matahari. Mikroskop elektrik sudah menggunakan energi listrik untuk menyalakan lampu sehingga dapat melihat suatu objek meski malam hari atau intensitas cahaya kurang.

Kelebihan penggunaan mikroskop adalah anda tidak lagi harus mencari cahaya matahari secara manual. Karena menggunakan catu daya listrik dalam pengoperasiannnya, maka mikroskop yang satu ini juga sering disebut dengan mikroskop listrik.

Perbedaan mikroskop cahaya dan listrik yang paling mendasar terletak pada jenis sinar yang digunakan. Mikroskop cahaya menggunakan sinar matahari langsung, sedangkan mikroskop listrik menggunakan lampu LED untuk menyinari objek penelitian. Kini, mikroskop elektrik dapat digunakan untuk melihat jasad renik dengan perbesaran sampai dengan 1600 kali.

Bagian-bagian mikroskop elektrik hampir sama dengan mikroskop cahaya. Harga mikroskop elektrik lebih mahal dibandingkan dengan harga mikroskop cahaya.

Mikroskop Stereo

Mikroskop stereo memiliki perbesaran yang hampir sama dengan mikroskop cahaya maupun elektrik. Selain itu, secara umum bagian-bagian mikroskop stereo juga tidak berbeda dengan mikroskop lainnya.

Perbedaan mikroskop cahaya dan stereo terletak pada kemampuan penggambaran objek. Mikroskop stereo mampu menghasilkan gambar 3D, sedangkan mikroskop cahaya hanya mampu menghasilkan gambar 2D. Oleh karena itu, jenis mikroskop stereo dapat digunakan oleh alat bantu dalam proses operasi di rumah sakit.

Perbedaan mikroskop stereo dan elektrik adalah mikroskop elektrik memiliki sudut kemiringan yang dapat diatur dalam melihat objek. Kemampuan tersebut memungkinkan pembentukan gambar obyek dalam bentuk 3D. Kemampuan mikroskop elektrik hanya mampu mencitrakan obyek dalam bentuk 2D, sama seperti mikroskop cahaya.

Perbedaan mikroskop stereo dan elektron yang paling mendasar terletak pada teknik menghasilkan gambar dan juga perbesaran yang dihasilkan. Mikroskop stereo menghasilkan gambar dengan memanfaatkan refleksi cahaya dari benda yang diteliti, sedangkan mikroskop elektron menggunakan tembakan sinar elektron yang dipercepat untuk menghasilkan gambar.

Mikroskop stereo hanya mampu melakukan perbesaran gambar sekitar 1500 sampai dengan 1600 kali lipat, sedangkan mikroskop elektron dapat melakukan perbesaran sampai dengan 10.000.000 (10 juta) kali lipat.

Perbedaan Mikroskop Cahaya TEM SEM dan STM

Mikroskop TEM

TEM, transmission electron microscope, adalah jenis mikroskop yang menggunakan electron beam (gelombang elektron) melalui bagian tipis yang diwarnai dengan atom logam. Jenis mikroskop TEM utamanya digunakan untuk mempelajari ultra struktur internal sel.

Mikroskop TEM dapat digunakan untuk melihat objek hingga ukuran nanometer. Penggunaan mikroskop TEM dilengkapi komputer untuk mencitrakan objek. Penerangan tidak obyek lagi menggunakan cahaya, tetapi dengan menggunakan tembakan elektron (electron beam).

TEM banyak digunakan oleh peneliti dan pertama kali didemonstrasikan oleh Max Knoll dan Ernst Ruska tahun 1931. Mikroskop TEM dikomersialkan sejak saat itu sampai dan sudah mengalami banyak pengembangan.

Penggunaan mikroskop TEM lebih difokuskan untuk melihat morfologi dan kristalisasi obyek. Penggunaan TEM mengharuskan sampel untuk diiris menjadi setipis mungkin, sedangkan objek pada SEM tidak perlu.

Mikroskop SEM

Scanning Electron Microscope (SEM) adalah jenis mikroskop yang menggunakan electron beam untuk memindai (scan) permukaan sampel, dilapisi dengan atom logam, untuk mempelajari detail topografinya. Mikroskop SEM banyak digunakan untuk menghasilkan gambar objek yang berfokus pada bentuk permukaan (topografi) objek.

Penggambaran permukaan obyek melalui mikroskop diperoleh dari interaksi antara elektron dengan atom pada sampel. Interaksi tersebut menghasilkan berbagai sinyal yang mengandung informasi topografi (permukaan) objek dalam skala nanometer. Kini ada SEM yang mampu menghasilkan gambar dengan sangat baik, bahkan hingga lebih kecil dari 1 nanometer.

Mikroskop SEM berbeda dengan TEM dan kurang bagus bila digunakan untuk melakukan pencitraan permukaan objek. Perbedaan mikroskop TEM dan SEM terletak pada kemampuan menggambarkan obyeknya, dimana TEM lebih digunakan untuk melihat tatanan dari atom yang satu ke atom lainnya.

Mikroskop STM

Mikroskop STM adalah jenis mikroskop yang difungsikan untuk mendeteksi permukaan objek yang sangat halus. Untuk mengetahui bentuk permukaan objek dalam skala nanometer yang permukaannya sangat halus tidak cukup baik hasilnya bila menggunakan SEM.

Untuk dapat menjalankan fungsinya secara maksimal, STM menggunakan teknik tunneling quantum sehingga dapat mendeteksi berbagai macam aliran listrik di permukaan objek. Penggunaan terbaik dari STM adalah pada kondisi tekanan vakum.

Dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan mikroskop TEM, SEM, dan STM yang sangat mendasarkan berdasarkan teknik kerjanya. Perbedaan teknik tersebut sangat krusial untuk dapat mengumpulkan informasi mengenai suatu objek.

Perbedaan Mikroskop Elektron dan Cahaya

Dilansir dari quizlet.com, electron microscope (EM) atau mikroskop elektron adalah jenis mikroskop yang menggunakan magnet untuk memusatkan electron beam pada (melalui) spektrum sehingga menghasilkan resolusi praktis ratusan kali lebih besar dibandingkan dengan menggunakan teknik standar penggunaan mikroskop cahaya. Mikroskop TEM digunakan untuk mempelajari struktur internal sel, sedangkan SEM digunakan untuk mempelajari detail permukaan sel. 

Perkembangan teknologi mikroskop cukup maju. Kini telah tersedia berbagai mikroskop di pasaran. Mulai dari jenis mikroskop yang mampu menghasilkan gambar mulai dari 50 pikometer hingga 10.000.000 kali. Perbedaan mikroskop elektron dan mikroskop cahaya yang utama adalah perbesaran gambar yang dihasilkan.

Anda yang berminat melengkapi laboratorium dengan mikroskop sederhana hingga canggih? Silakan hubungi distributor alat-alat laboratorium, alatalatlab.com.

FAQs

Apakah yang dimaksud dengan mikroskop?

Mikroskop adalah alat bantu penglihatan untuk melihat obyek yang ukurannya sangat kecil (mikroskopis, mikron). Mikroskop umum digunakan di laboratorium biologi dan mikrobiologi. Mikroskop binokuler adalah jenis mikroskop yang memiliki 2 lensa okuler sehingga obyek dapat terlihat stereo.

Apa bagian-bagian mikroskop yang utama?

Sebuah mikroskop tersusun atas 3 (tiga) bagian utama, yaitu bagian optik, bagian mekanik, dan bagian pendukung

Apa saja jenis-jenis mikroskop?

Jenis mikroskop yang utama adalah mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. Kemajuan perkembangan teknologi memunculkan varian mikroskop seperti mikroskop biologi (Biological Microscope), mikroskop majemuk (Stereo Microscope), mikroskop fluoresensi (Fluorescence Microscope), mikroskop monokuler (Monokuler Microscope), mikroskop binokuler (Binokuler Microscope) dan mikroskop trinokuler (Trinokuler Microscope)

Berapa harga mikroskop saat ini? Dimana saya bisa beli mikroskop?

Harga mikroskop cukup variatif dan dinamis. Ada yang harganya jutaaan hingga ratusan juta. Anda bisa melihat harga mikroskop terbaru di https://www.alatalatlab.com/harga-mikroskop/. Jika berminat membeli mikroskop, maka silakan hubungi kami sekarang.

Tags:artikel mikroskop, arti penting mikroskop cahaya pdf, tutorial menghitung mikrometer okuler dan objektif yang menghimpit, perbesan max mikroskop elektron, pembahasan tentang mikroskop cahaya fungsi masing-masimg alatnya beserta sumbernya

Last Updated on by

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.