Warner Bratzler, Metode & Alat Pengukur Keempukan Daging

Admin alatalatlab.com kali ini akan jelaskan alat pengukur keempukan daging dan cara kerjanya.

Warner Bratzler adalah metode dan alat pengukur keempukan daging (meat tenderness) standar yang bekerja dengan prinsip gaya geser (shear force standard test). Dengan menggunakan alat ini, anda dapat menentukan kualitas daging terbaik berdasar metode uji dan analisis tekstur daging

Alat pengukur keempukan daging, Warner Bratzler, dapat digunakan untuk menguji kualitas semua jenis daging. Mulai dari daging sapi, domba, atau kambing. Mesin kompresi pada alat ini perlu disesuaikan dengan jenis daging yang duuji.

Gambar Alat Pengukur Keempukan Daging, Warner Bratzler

Warner Bratzler Metode Untuk Mengukur Kelembutan Daging (meat tenderness)
Gambar ilustrasi alat Warner Bratzler pengukur keempukan daging dari testresources.net

Alat uji Warner Bratzler bekerja mengukur tenderness dengan cara mengukur gaya yang dibutuhkan untuk memotong sepotong daging. Alat uji tersebut terdiri dari kerangka baja yang dilengkapi dengan pisau. Alat ini dapat digunakan untuk menguji sampel daging seperti steak. Steak yang telah dimasak, kemdudian didinginkan dan selanjutnya dipotong dan diletakkan pada tempat sampel pada alat uji.

Cara Mengukur Keempukan Daging

Siapkan sampel daging uji

Usahakan sampel sampel dipotong simetris dan seragam. Ukuran sampel yang tidak seragam akan menyebabkan hasil uji memiliki varian menjadi besar dan berdampak pada kesalahan pengambilan kesimpulan karena analisis data yang tidak tepat. Untuk mendapatkan hasil tes yang terbaik, silakan anda ikuti panduan tertulis yang disertakan.

Sesuaikan ukuran sampel daging uji

Pengambilan sampel uji dalam jumlah besar, akan mengurangi terbentuknya pencilan data (outlier). Ketika anda menguji  sampel produk daging, pastikan untuk mengambil sampel dengan metode yang sama dan dari bagian yang sama untuk setiap potongan. Berikan perhatian khusus pada arah potongan ketika anda mengambil sampel. Sebagai contoh, jika memotong steak dengan pisau fiber maka gunakan alat potong tersebut terus menerus dan jangan diganti dengan pisau logam serta perhatikan arah potongan. Sampel juga perlu ditimbang sehingga bobotnya seragam. Anda bisa menimbang sampel dengan timbangan analitik laboratorium, baik timbangan digital maupun manual.

Seragamkan bentuk sampel uji

Menggunakan alat pemotong yang tajam itu sangat penting untuk keseragaman sampel. Alat potong yang tumpul akan menyebabkan terjadinya bentuk yang tidak seragam Hal ini mempengaruhi data pengujian yang terbentuk seperti varian yang terlalu tinggi.

Anda telah menyiapkan sampel uji dengan hati-hati. Selanjutnya letakkan sampel uji pada alat Warner Bratzler. Mesin uji ini akan mencatat kekuatan-defleksi dan gaya geser (shear force) yang diperlukan untuk memotong daging.

1 komentar untuk “Warner Bratzler, Metode & Alat Pengukur Keempukan Daging”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.