Warner Bratzler, Metode & Alat Pengukur Keempukan Daging

Warner Bratzler, Metode & Alat Pengukur Keempukan Daging

Warner Bratzler adalah metode dan alat pengukur keempukan daging (meat tenderness) standar yang bekerja dengan prinsip gaya geser (shear force standard test). Dengan menggunakan alat ini, anda dapat menentukan kualitas daging terbaik berdasar metode uji dan analisis tekstur daging

Alat pengukur keempukan daging, Warner Bratzler, dapat digunakan untuk menguji kualitas semua jenis daging. Mulai dari daging sapi, domba, atau kambing. Mesin kompresi pada alat ini perlu disesuaikan dengan jenis daging yang duuji.

Gambar Alat Pengukur Keempukan Daging, Warner Bratzler

Warner Bratzler Metode Untuk Mengukur Kelembutan Daging (meat tenderness)
Gambar ilustrasi alat Warner Bratzler pengukur keempukan daging dari testresources.net

Alat uji Warner Bratzler bekerja mengukur tenderness dengan cara mengukur gaya yang dibutuhkan untuk memotong sepotong daging. Alat uji tersebut terdiri dari kerangka baja yang dilengkapi dengan pisau. Alat ini dapat digunakan untuk menguji sampel daging seperti steak. Steak yang telah dimasak, kemdudian didinginkan dan selanjutnya dipotong dan diletakkan pada tempat sampel pada alat uji. Baca juga alat tanur laboratorium untuk menguji kadar abu.

Cara Mengukur Keempukan Daging

Siapkan sampel daging uji

Usahakan sampel sampel dipotong simetris dan seragam. Ukuran sampel yang tidak seragam akan menyebabkan hasil uji memiliki varian menjadi besar dan berdampak pada kesalahan pengambilan kesimpulan karena analisis data yang tidak tepat. Untuk mendapatkan hasil tes yang terbaik, silakan anda ikuti panduan tertulis yang disertakan.

Sesuaikan ukuran sampel daging uji

Pengambilan sampel uji dalam jumlah besar, akan mengurangi terbentuknya pencilan data (outlier). Ketika anda menguji  sampel produk daging, pastikan untuk mengambil sampel dengan metode yang sama dan dari bagian yang sama untuk setiap potongan. Berikan perhatian khusus pada arah potongan ketika anda mengambil sampel. Sebagai contoh, jika memotong steak dengan pisau fiber maka gunakan alat potong tersebut terus menerus dan jangan diganti dengan pisau logam serta perhatikan arah potongan. Sampel juga perlu ditimbang sehingga bobotnya seragam. Anda bisa menimbang sampel dengan timbangan analitik laboratorium, baik timbangan digital maupun manual.

Seragamkan bentuk sampel uji

Menggunakan alat pemotong yang tajam itu sangat penting untuk keseragaman sampel. Alat potong yang tumpul akan menyebabkan terjadinya bentuk yang tidak seragam Hal ini mempengaruhi data pengujian yang terbentuk seperti varian yang terlalu tinggi.

Anda telah menyiapkan sampel uji dengan hati-hati. Selanjutnya letakkan sampel uji pada alat Warner Bratzler. Mesin uji ini akan mencatat kekuatan-defleksi dan gaya geser (shear force) yang diperlukan untuk memotong daging.

Rekomendasi Distributor Alat Laboratorium

Bila anda memerlukan alat laboratorium kesehatan kimia pertanian farmasi lingkungan fisika biologi harga murah distributor di Bogor, maka hubungi kami sekarang. Perusahaan alatalatlab.com jual alat-alat gelas uji ke jakarta surabaya bandung semarang medan cirebon balikpapan bekasi banjarmasin banjarbaru batam banyuwangi bali cikarang tangerang city banten malang pekanbaru jogja makassar pontianak palembang dan seluruh Indonesia. Mau Penawaran Harga? Call Us Now

Berapa harga jual alat laboratorium terbaru? Dimana saya bisa beli alat lab kimia dan biologi?

Harga alat laboratorium di pasaran cukup variatif dan dinamis. Ada yang harganya jutaaan hingga ratusan juta. Bergantung pada spesifikasi, merek dan kurs dollar pada saat order. Kami juga menerima tender pengadaan alat laboratorium untuk sekolah, kampus, puslitbang, instansi pemerintah dan lembaga riset swasta.

Alat laboratorium apa saja yang dijual?

Kami menjual aneka jenis alat laboratorium, baik itu laboratorium kimia, laboratorium biologi dan fisika, laboratorium farmasi dan kesehatan, laboratorium pertanian dan alat laboratorium lainnya. Anda dapat membeli mikroskop, timbangan analitik, soil analyzer, shaker, mixer, inkubator, dll. Berikut beberapa kategori alat lab yang kami jual
– Alat Gelas, Resin, Wadah Logam
– Alat Ukur, Dispenser Pipet, Suntikan
– Fraksinasi, Separasi, Ekstraksi, Filtrasi
– Pengaduk, Penghancur, Pencampur
– Perlengkapan Laboratorium Penelitian
– Penyimpanan, Peralatan, Fasilitas Laboratorium
– Pemanas, Pendingin, Kotak Pendingin
– Meja, Lemari Area Bersih
– Pembersihan, Sterilisasi, Pembersih, Sanitasi, Pembuangan
– Bioteknologi
– Uji Air, Tanah
– Peralatan Analisa Lingkungan
– Pemurnian Air, Produk Terkait

Apakah saya boleh mendapatkan katalognya?

Tentu saja boleh. Silakan menghubungi bagian sales dan marketing kami pada tautan kontak untuk mendapatkan katalog produk. Gratis.

Tags:alat pengukur keempukan daging, fungsi warner bretzler, macam macam alat laboratorium dan merknya

Last Updated on by

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!